Himpaudi Kabupaten Jombang menerima hadiah prasasti. (ist)


JOMBANG – Komitmen organisasi Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Pengurus Wilayah Jawa Timur (Jatim) untuk mendukung program pemerintah dalam mengentasan stunting atau kekurangan gizi pada anak, nampaknya bukan isapan jempol belaka. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan seminar nasional bertajuk Jatim Sehat Bebas Stunting di GOR Kota Sidoarjo pada Kamis (9/3).

Tahun 2022 prevalensi stunting di Jawa Timur berhasil mengalami penurunan dari 23,5% pada tahun 2021, turun menjadi 19,2% di tahun 2022. Bahkan tingkat prevalensi stunting di Jawa Timur lebih rendah daripada nasional yang berada di angka 21,6%. Data dari Survei Status Gizi Indonesia (SSGI).

Acara yang dihadiri lebih dari 4.000 laskar Himpaudi dari 38 Kabupaten/Kota Se Jawa Timur itu menjadi manifestasi perwujudan kontribusi Laskar Himpaudi Jawa Timur dalam mewujudkan visi-misi Pemerintah Jawa Timur yakni Jatim Cerdas serta Komitmen PAUD Berkualias Holistik Integratif dan Bebas Stunting.

Baca Juga: MTs dan SMP Terbaik di Jombang Berdasarkan KSM

Koodinator Peserta, Himpaudi Kabupaten Jombang, Dya Maulida, S.Ag. menyampaikan bahwa untuk perwakilan tenaga pendidik dari Kabupaten Jombang merupakan pengurus Himpaudi Kecamatan yang masing-masing mengirim sekitar delapan orang dan dilengkapi dengan seluruh pengurus Himpaudi Kabupaten. Sedangkan untuk penitia berasal dari Pengurus Himpaudi Kabupaten.



Perempuan yang juga menjabat Kepala TPA Sahabat Bunda Kecamatan Ngusikan itu mengakatan, “Perihal materi yang disampaikan yaitu seputar paparan data stunting, isu stunting dari indentifikasi dan cara menangani, serta pelbagai program untuk mendukung program pengentasan secara nasional. Selain itu peserta juga mendapat buku komik perihal stunting yang digagas oleh Ketua Kelompok Kerja Jawa Timur yakni Arumi Bachin.”

Berhasil mendapatkan penghargaan peserta terbanyak kelima. (ist)

Sementara itu, Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqohwardani, S.Pd. menyampaikan bahwa dalam giat tersebut, juga dilantik dan dikukuhkan 38 ketua pengurus daerah Se Jawa Timur. Selanjutnya terdapat beberapa penghargaan yang berhasil diterima oleh Himapaudi Kabupaten Jombang diantaranya peserta terbanyak kelima dengan jumlah 179 peserta dan mendapatkan hadiah prasasti lantaran sebagai salah satu Himapaudi kabupaten/kota yang telah memiliki sekretariat secara mandiri.

Peserta seminar yang sangat antusias. (ist)

Harapannya setelah agenda ini para peserta mampu menjadi agen perubahan yang membantu pemerintah dalam menuntaskan stunting, tandas Tita Aniqohwardani. Lebih dari itu juga mampu meneruskan pesan Gubernur Jawa Timur yakni Khofifah Indar Parawansa untuk membekali anak didik tentang pendidikan dan pemahaman rohani sejak dini.

Piagam penghargaan yang diterima. (ist)

Reporter/Foto: Rabitha Maha/Istimewa

Lebih baru Lebih lama