Infografis Berteman di Awal Masuk Sekolah. (Dok.MSP)


Memasuki tahun pelajaran baru artinya peserta didik yang telah naik tingkat ke jenjang pendidikan berikutnya akan memulai interaksi di lingkungan yang baru. Berbeda dengan sebelumnya yang sudah mengenal bahkan akrab hingga bersahabat dengan teman-teman di satuan pendidikan terdahulu.

Sahabat menjadi seseorang yang dapat dipercaya. Terkadang sahabat bahkan bisa menjadi sosok keluarga sekaligus teman.

Sekarang harus mulai bergaul di lingkungan yang jauh berbeda dengan sebelumnya. Dari segi individu yang ada di sana, bahkan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan kesuksesan dalam menjalin interaksi. Sehingga bisa memetakan jenis pertemanan yang akan kita jalani kemudian hari seperti,

Teman Hi-Bye atau Kenalan
Merupakan teman yang sering Grameds lihat di sekolah maupun kantor sebab teman hi-bye terikat dengan konteks tempat Grameds berada. Sebutan hi-bye ini hadir sebab Grameds hanya akan menyapa satu sama lain ketika bertemu secara tidak sengaja atau ketika akan pulang kantor maupun sekolah saja.

Baca Juga: RTH Kebonratu, Kawasan Sejuk di Jombang

Selain Itu, hubungan dengan teman hi-bye biasanya tidak akan bertahan lama. Sebab hubungan dengan teman hi-bye akan hilang lambat laun ketika konteks pertemanan di dalamnya telah hilang, seperti ketika lulus sekolah atau salah satu meninggalkan tempat kerja.

Teman Biasa
Ialah teman yang aktivitas kesehariannya sulit ditemui. Sehingga Grameds hanya bisa menemui teman biasa ini sesekali saja ketika memutuskan untuk bertemu atau berkumpul biasa. Biasanya topik pembicaraan yang diobrolkan ketika bertemu teman biasa pun tidak terlalu personal dan hanya membicarakan topik sehari-hari saja.



Teman Jiwa atau Biasa Disebut sebagai Sahabat
Adalah seseorang yang dapat diajak bicara mengenai topik apa saja. Grameds yang memiliki sahabat, mungkin tidak dapat saling bertemu setiap hari karena beberapa hal. Akan tetapi hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Sebab sahabat akan saling mengerti satu sama lain meskipun jarang bertemu. Sahabat menjadi seseorang yang dapat dipercaya. Terkadang sahabat bahkan bisa menjadi sosok keluarga sekaligus teman.

Olah Data: Batlitbang Majalah Suara Pendidikan

Sumber: gramedia.com

Lebih baru Lebih lama