Infografis Mengawali Belajar di Lembaran yang Baru. (Dok.MSP)


Proses pembelajaran yang menjadi fondasi utama pendidikan harus senantiasa memiliki relevansi serta adaptif pada dinamika jaman. Untuk itulah penting bagi guru supaya mematangkan konsep pembelajaran tatkala memasuki Tahun Pelajaran Baru agar kesiapan mengajar telah dilandasi dengan esensi pembelajaran yang berkualitas.

· Pembelajaran yang Berpusat Pada Peserta Didik
Dimaksudkan bahwa, orientasi transfer ilmu dan pengetahuan harus mengakomodir kompetensi tiap peserta didik. Pada langkah ini, guru dapat mendahulukan pendataan maupun asesmen karakteristik serta kemampuan peserta didik dalam menyerap bahan ajar yang diberikan. Berdasarkan hasil asesmen tersebut, implementasi pembelajaan dapat dilakukan dengan proporsional dan tetap mengutamakan pemajuan talenta peserta didik di bidang akademik maupun non-akademik.

· Kolaboratif
Kerjasama dalam proses pembelajaran juga dapat terimplementasi berdasarkan data asesmen awal pembelajaran. Konsepnya, dari keragaman kompetensi yang dimiliki peserta didik dapat dikembangkan pada pola pembelajaran kolaboratif. Artinya, antar peserta didik diarahkan untuk menyikapi perbedaan, bekerja sama, seraya menyesuaikan kondisi yang dihadapinya.

· Kontekstual
Lingkungan satuan pendidikan maupun peserta didik idealnya selalu dapat dijadikan bahan ajar. Melalui observasi sederhana, penulisan, maupun penggambaran dalam bentuk verbal dan visual, keseluruhannya dapat dimasukkan menjadi rancangan pembelajaran yang sesuai dengan keseharian peserta didik.

· Keterlibatan Wali Peserta Didik
Integrasi dengan masyarakat khususnya wali peserta didik juga cukup penting untuk membangun keharmonisan satuan pendidikan bersama elemen pendukung lainnya. Hal ini dapat dikonkretkan dalam bentuk metode parenting. Pelaksanannya, parenting akan menjadi wadah wali peserta didik untuk memahami kompetensi serta bakat minat buah hatinya. Sehingga, dalam keterlibatan semacam ini, guru dan wali peserta didik dapat bahu-membahu mengkualitaskan mutu satuan pendidikan.

Olah Data: Balitbang Majalah Suara Pendidikan

Sumber: ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id.

Lebih baru Lebih lama