Latihan dilakukan satu minggu satu kali di satuan pendidikan dan tiga kali satu minggu di klub. (ist)


PLOSO – Bagi pecinta dunia olahraga di Telatah Kebo Kicak pastinya sudah tak asing lagi dengan prestasi peserta didik SMP Negeri 1 Ploso di cabang olahraga voli yang populer dengan julukan Tiger Spijiso ini. Hal itu tentu tak diupayakan oleh segenap civitas akademika dengan instan, melainkan melalui proses panjang serta konsistensi dan keberlanjutan program yang mendukung prestasi gemilang tersebut.

Peserta didik juga tak jarang melakukan latih tanding baik dengan satuan pendidikan lainnya ataupun hingga bertandang ke luar kota.

Sebagaimana keterangan dari Kepala SMP Negeri 1 Ploso, Suryani, S.Pd., M.Pd. bahwa olahraga voli sudah menjadi citra sejak awal berdirinya satuan pendidikan. Selain itu olahraga yang sangat digandrungi peserta didik ini juga tak lepas dari adanya dukungan SDM dari guru yang menjalin kerjasama dengan pelatih dari klub yakni Bangun Sukoco, S.Pd yang tentunya profesional di bidangnya.

Baca Juga: Pentingnya Bermain untuk Perkembangan Otak Anak

Suryani mengatakan bahwa selain terdapat pelatih yang mumpuni juga perihal fasilitas sarana dan prasarana sengaja disiapkan guna mendukung latihan, seperti kualitas lapangan dan net, jumlah ketersediaan hingga alat pendukung untuk melatih fisik. Tak ketinggalan berkas proposal jadwal latihan dan jadwal pertandingan baik dalam rangka try out atau kompetisi juga terus diperbarui oleh pelatih.



Sementara itu ditemui disela kegiatannya melatih, Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri 1 Ploso, Sumiran, S.Pd. Menuturkan bahwa ekstrakurikuler voli dilaksanakan setiap satu minggu sekali di satuan pendidikan. Lebih dari itu, peserta didik berlatih di klub voli Tiger dengan jadwal satu minggu tiga kali. Namun, apabila akan mengikuti sebuah kompetisi, peserta didik berlatih intensif selama dua minggu penuh dengan sistem Drill.


Proses latihan peserta didik di satuan pendidikan. (ist)

Sumiran mengatakan bahwa awalnya peserta didik baru yang ingin bergabung diseleksi dahulu misalnya perihal permainan voli dan teknik dasar seperti servis, passing dan smash. Kemudian ketahanan fisik seperti kemampuan Jumping, postur tubuh, mental hingga komitmennya dalam mengikuti latihan rutin serta kesanggupan berlaga di dalam maupun luar kota. Hal tersebut tentu juga berdasarkan dengan persetujuan wali peserta didik.

Pelatih bersama perwakilan tim voli putra. (ist)

“Untuk tahun ini perserta didik yang tergabung dalam tim voli berjumlah sekitar 25. Hal tersebut terbilang ideal lantaran di awal seleksi pastinya terdapat hingga sekitar ratusan peserta didik, namun yang berhasil diseleksi dan bertahan hanya dua tim saja yakni satu tim putra dan putri. Peserta yang tergabung dalam tim merupakan campuran antara peserta didik kelas VII dan VIII atau bahkan kelas IX apabila tak ada batasan usia,” ujar pria bertubuh tinggi itu.

Suryani (baju putih) bersama dewan guru SMP Negeri 1 Ploso. (ist)

Selain latihan rutin, peserta didik juga tak jarang melakukan latih tanding baik dengan satuan pendidikan lainnya ataupun hingga bertandang ke luar kota, tandas Sumiran. Hal tersebut tentu berguna bagi mental peserta didik untuk nantinya berlaga pada kompetisi yang sesungguhnya. Berkat konsistensi latihan dan mengikuti pelbagai kejuaraan, tim voli Tiger Spijiso dapat dikatakan unggulan di Kota Santri sehingga kerap mendapat undangan pertandingan rutin seperti dari Kabupaten Mojokerto dan Lamongan. Selain itu, banyak dari tim voli yang diterima di pendidikan jenjang selanjutnya dari jalur prestasi atau bahkan mewakili satuan pendidikan di ajang bergengsi laiknya Pekan Olah Raga Kabupaten hingga Provinsi.

Reporter/Foto: Rabitha Maha/Ist

Prestasi terbaru Tim Voli Tiger Spijiso


Juara II Voli Putra O2SN Kabupaten Jombang tahun 2022.

Juara Harapan I Voli Putri O2SN Kabupaten Jombang tahun 2022

Juara I Voli Putra Popkab Jombang Tahun 2023

Lebih baru Lebih lama