Ilustrasi mimisan. (Ist)


NASIONAL - Umumnya kita panik saat mengalami mimisan, apalagi tanpa kita tahu sebab jelasnya. Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang mengalami mimisan. Kebanyakan mimisan terjadi bukan karena hal yang mengkhawatirkan.

Melansir laman Health, salah satu penyebab mimisan yang utama dan tidak begitu berbahaya adalah kondisi lingkungan yang kering. Lingkungan yang kering dapat menyebabkan hidung menjadi kering dan rentan terhadap pecahnya pembuluh darah di dalamnya.

Baca Juga: Gelar Karya Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka

Udara kering saat cuaca dingin atau lingkungan yang kurang lembab bisa menjadi pemicunya. Lalu, bagaimana cara mengatasi mimisan? Itu akan diulas dalam artikel ini.

Cara Mengatasi Mimisan

Ketika mimisan terjadi karena hal yang tidak mengkhawatirkan, kita tidak perlu buru-buru memeriksakan diri ke dokter. Kita bisa menghentikan pendarahan hanya dengan beberapa langkah sederhana. Melansir laman Medical News Today, berikut beberapa cara mengatasi mimisan:

· Duduk dan miringkan kepala
Duduk tegak dan miringkan kepala ke depan. Dengan posisi ini, darah akan mengalir keluar melalui hidung. Hindari miringkan kepala ke belakang, karena ini dapat menyebabkan darah masuk ke tenggorokan.

· Tekan hidung dengan benar
Tekan hidung bagian atas dekat tulang dengan jari secara lembut dan tahan tekanan selama 10-15 menit. Hindari menutup seluruh lubang hidung, cukup tekan satu lubang hidung untuk menghentikan perdarahan.

· Gunakan kompres dingin
Tempatkan kompres dingin di bagian hidung atau leher untuk membantu menyusutkan pembuluh darah dan mengurangi perdarahan. Kompres dingin dapat berupa es batu yang dibungkus dalam kain bersih.

· Jangan mencongkel hidung
Hindari mencongkel hidung atau mencoba membersihkan bekuan darah dengan tangan atau kain. Ini dapat merusak pembuluh darah dan memperburuk mimisan.

Kapan Harus ke Dokter?
Meski terkadang mimisan terjadi bukan karena hal yang berbahaya, Anda tetap perlu waspada. Terkadang, mimisan juga bisa menandakan masalah kesehatan serius. Jika penyebabnya serius, Anda tidak bisa hanya menggunakan cara mengatasi mimisan di atas.



Melansir laman Healthline, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, jika mimisan terjadi secara teratur atau sulit dihentikan setelah beberapa menit. Cedera kepala dapat menjadi penyebab mimisan yang mengkhawatirkan.

Jika mimisan terjadi setelah cedera kepala, segeralah mencari pertolongan medis. Jika anak mengalami mimisan yang berulang atau berat, periksakan ke dokter untuk memastikan tidak ada masalah yang lebih serius.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama