Rupa Platform Padlet yang diakses peserta didik saat pembelajaran di luar kelas. (Donny)


MOJOAGUNG – Mendidik anak sesuai zamannya merupakan diktum yang mesti dipahami dan diamalkan oleh seorang pendidik. Sebab, manakala sistem pendidikan tidak didukung dengan penyesuaian jiwa zaman peserta didik, maka transfer nilai, ilmu beserta pengetahuan dalam pembelajaran akan berlangsung tanpa arah.

Perubahan paradigma terhadap gaya belajar di lingkup peserta didik pun turut berubah. Semula yang terkesan kaku dan membosankan, namun saat ini telah akomodatif terhadap materi dan pola belajar kegemaran peserta didik.

Guna mendapati ketepatan arah yang dimaksudkan dalam proses belajar tersebut, Guru IPA SMP Negeri 1 Mojoagung, Dwi Prapminingrum, S.Si. telah merancangnya. Melalui pemanfaatan platform Padlet, pembelajaran dirancang untuk terhubung dengan pelbagai konten digital. Mulai dari rupa artikel, hingga audio visual.

Baca Juga: Cara Membersihkan Keyboard Laptop Tanpa Merusaknya

“Padlet sendiri saya gunakan berawal dari inisiatif untuk menyediakan media pembelajaran yang menyenangkan untuk peserta didik, selain hanya mengandalkan Google Form, ataupun Quizizz. Selain fiturnya sederhana dan cukup mudah diimplementasikan, yang mana guru bisa memilih materi ajar dari bentuk artikel, video, dan power point, motivasi untuk menemukan Padlet ini juga senyampang dengan program SMP Negeri 1 Mojoagung yang memperbolehkan peserta didik menggunakan gawai untuk menunjang sarana pembelajaran. Sehingga metode mencari ilmu dan pengetahuan bersama guru menjadi bervariatif,” ujar Dwi Prapminingrum.



Atas dasar pencarian seraya pembaruan teknik pembelajaran tersebut, perempuan yang juga akrab di sapa Nining ini lantas menyusun serangkaian pengamalan pembelajaran dengan media Padlet tersebut ke dalam esai dan video praktik pembelajaran sebagai syarat peserta kompetisi Guru Prestasi Kabupaten Jombang SMP 2023. Tak menemukan kendala berarti tatkala menulis dan memproduksi video pembelajaran dengan tajuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Melalui Media Padlet Pada Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Mojoagung, Dwi Prapminingrum berhasil melewati dua tahapan seleksi mulai administrasi hingga presentasi. Lantas, hasil membanggakan pun dapat direguk sempurnah, Dwi Prapminingrum dinyatakan lolos sebagai Juara I Guru Prestasi SMP Kabupaten Jombang Tahun 2023.

Dwi Prapminingrum berkisah, “Seturut dengan capaian yang telah saya torehkan, esensinya kembali pada kebutuhan model belajar peserta didik saat ini. Termasuk pula dalam menggaungkan praktik literasi digital dan pembelajaran berdiferensiasi. Melalui Padlet, peserta didik lebih percaya diri dan antusiasi dalam mengikuti pembelajaran. Kemudahan akses konten sebagai sumber alternatif pembelajaran telah merubah paradigma mereka terhadap proses belajar itu sendiri.


Dwi Prapminingrum. (Donny)

Dwi Prapminingrum juga mengakui, perubahan paradigma terhadap gaya belajar di lingkup peserta didik pun turut berubah. Semula yang terkesan kaku dan membosankan, namun saat ini telah akomodatif terhadap materi dan pola belajar kegemaran peserta didik.Walhasil, keseluruhan mekanisme belajar menggunakan Padlet dari pemilihan bentuk materi dan penugasan yang sesuai keinginan peserta didik, telah mencakup aspek penguatan literasi digital dan pembelajaran diferensiasi.

“Senapas dengan kedua aspek tersebut, pokok terpenting yang mesti dipahami ialah, penggunaan gadget beserta kemudahan akses konten digital di lingkup peserta didik, mesti dibimbing ke arah yang positif. Demikian, bila hal ini telah menjadi landasan pembelajaran di era kiwari, efek negatif gadget atas segala kontennya dapat dikikis perlahan,” tegas Dwi Prapminingrum.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Dwi Prapminingrum S.Si.


Tempat Tanggal Lahir : Jombang 27 Januari 1978

Pendidikan :

SMA Negeri 2 Jombang 1996

S1 Fisika Universitas Brawijaya Malang 2001

S1 Pendidikan Profesi Universitas Negeri Surabaya 2002

Hobi : Renang dan Bersepeda

Tokoh Idola : B.J Habibie

Lebih baru Lebih lama