Infografis Mengenal Teaching At The Right Level. (dok.MSP)


Pemahaman setiap peserta didik terhadap ilmu yang diberikan guru tentu beragam tingkatannya. Oleh karenanya dibutuhkan ketepatan teknik untuk menakar pemerataan pemahaman di setiap bahan ajar pada peserta didik. Salah satu teknik ini ialah, Teaching At The Right Level (TARL). Terdapat tiga tahapan yang menjadi inti implementasi TARL seraya menakar segala pengembangan kompetensi peserta didik.

Asesmen Belajar
Tahap ini menjadi bagian awal strategi implementasi TARL. Adapun tujuan Asesmen Belajar ini untuk menganalisis karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu berbekal Asesmen Belajar ini, guru dapat mengetahui perkembangan sekaligus capaian belajar peserta didik.

Perencanaan Pembelajaran
Usai babak Asesmen Belajar terlampaui, langkah selanjutnya harus dilanjutkan pada Perencanaan Pembelajaran. Penyusunannya melingkupi perangkat, metode, serta pemetaan kompetensi peserta didik di proses pembelajaran.

Tahap Pembelajaran

Di fase pembelajaran, guru sudah harus melakukan Asesmen Belajar secara berkala untuk mengetahui perkembangan peserta didik dari segala aspek. Baik akademik maupun non-akademik.

Sumber: pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id

Olah Data: Batlitbang Majalah Suara Pendidikan

Lebih baru Lebih lama