Ilustrasi anak didik belajar di sekolah. (Ist)


NASIONAL - Pemerintah melalui berbagai lembaga terus menyerukan hadirnya pendidikan berkualitas yang berkeadilan, berpihak dan ramah pada anak. Lalu apa yang bisa dilakukan?

Head of Basic Education Tanoto Foundation, Margaretha Ari Widowati menjelaskan ada empat faktor penting yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan ekosistem pendidikan ramah anak. Apa saja? Begini penjelasan selengkapnya.

Lingkungan Belajar
Lingkungan belajar meliputi pengaturan di rumah, hubungan dengan pemerintah serta aturan-aturan yang berlaku terkait pendidikan dari struktur terkecil. Seperti pendidikan anak usia dini, dasar, menengah, atas, hingga perguruan tinggi.

Baca Juga: Membangun Pengalaman Pada Pembelajaran Seni Rupa

Kepala Sekolah
Tak hanya guru, kepala sekolah harus ikut ditingkatkan kompetensinya agar memiliki kemampuan untuk memberikan dampak kepada peserta didik. Margaretha Ari Widowati menyatakan hal ini menjadi tantangan yang segera harus diatasi.

Dia meneruskan tantangannya bagaimana kita bisa membangun kepala sekolah supaya mereka memiliki group mindset, punya kemampuan memberikan feedback, hingga mampu mengelola anggaran yang benar dan berorientasi kepada peserta didik.



Guru
Bila kepala sekolahnya sudah teratasi, kemampuan guru juga perlu ditingkatkan lebih baik lagi. Terlebih guru merupakan fasilitator pembelajaran yang mengarahkan peserta didik. Tak hanya guru biasa, guru harus dipupuk agar bisa menjadi pembelajar sepanjang hayat. Alasannya karena pendidikan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Margaretha Ari Widowati menjelaskan dulu teknologi gak dipakai, di kelas pakai papan tulis kapur. Tapi sekarang dengan kehadiran teknologi pendidikan dan kompetensi guru juga harus ikut berkembang sehingga bisa meningkatkan partisipasi anak dalam proses belajar mengajar.

Orang tua
Terakhir adalah faktor yang paling penting, yaitu orang tua. Margaretha Ari Widowati menjelaskan tanggung jawab pendidikan lebih besar sebenarnya ada di orang tua sehingga mereka juga harus meningkatkan pengetahuan tak serta merta menyerahkannya kepada sekolah.

Dia menegaskan sejak anak itu dilahirkan, bahkan sejak dalam kandungan, orang tua sudah bertanggung jawab. Dengan meningkatkan peran penting seluruhnya dan dukungan stakeholder, pendidikan yang ramah anak akan bisa terbangun.

Selain itu, Hanna Raisya dari Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan menambahkan pengolahan data masyarakat Indonesia ikut menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Pengolahan data yang baik bisa membuat sebuah keputusan yang lebih baik pula dalam ekosistem pendidikan.

Lebih lanjut, dia mengatakan ini adalah tugas bersama baik pemerintah, lembaga pendidikan, stakeholder pendidikan lainnya, hingga orang tua. Dengan kerja sama yang baik untuk memperhatikan faktor-faktor penting tersebut, ekosistem pendidikan Indonesia bisa meningkat dan terus berjalan ke arah positif.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama