Ilustrasi peserta didik membaca buku. (Ist)


NASIONAL - Libur telah tiba! Saatnya peserta didik beristirahat dan melakukan aktivitas di rumah masing-masing. Bagi yang belum punya rencana berlibur, membaca buku inspiratif bisa masuk daftar kegiatan yang bisa mengisi waktu liburan.

Agar membaca buku tidak menjadi sebuah beban yang berat, peserta didik bisa memilih buku bacaan berjenis novel. Selain menghibur, novel juga memiliki pesan mendalam dan penting bagi pembacanya.

Baca Juga: Menciptakan Kelas Menyenangkan di 5 Hari Sekolah

Sudah tahu buku apa yang akan baca kala libur sekolah? Jika belum, berikut adalah beberapa buku inspiratif yang bisa dibaca, dikutip dari laman Dirjen SMP Kemdikbud:

Negeri 5 Menara

Buku karya Ahmad Fuadi ini menceritakan tentang enam anak yang bersahabat. Mereka kompak untuk mengejar mimpi masing-masing mengenyam pendidikan di luar negeri. Nuansa dunia santri akan yang melekat saat membaca buku ini. Novel ini termasuk buku best seller yang berhasil masuk ke dalam nominasi Khatulistiwa Award 2010 serta Buku Fiksi Terfavorit 2010 versi Anugerah Pembaca Indonesia.



Laskar Pelangi
Novel Laskar Pelangi ditulis oleh Andrea Hirata. Buku ini menceritakan tentang kehidupan 10 anak tidak mampu. tetapi mempunyai semangat tinggi dalam melanjutkan pendidikan. Buku ini telah terbit dalam 22 bahasa dan sudah dijadikan film yang menginspirasi banyak penonton. Karya Andrea Hirata ini kini telah beredar di 130 negara lebih dan diterjemahkan ke dalam 22 bahasa.

Keluarga Cemara
Keluarga Cemara sempat hangat diperbincangkan publik karena kisah filmnya yang penuh haru. Namun tidak banyak yang tahu jika Keluarga Cemara adalah judul novel yang ditulis oleh Arswendo Atmowiloto. Novel ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari Abah, Emak, Euis, Ara, dan Agil. Cerita dalam novel ini mengandung pesan yang sarat akan nilai kebajikan.

Aku, Meps, dan Beps
Novel Aku, Meps, dan Beps merupakan hasil kolaborasi dari Soca Sobhita dan Reda Gaudiamo. Buku ini mengambil sudut pandang seorang anak-anak.

Ia memiliki ayah bernama Beps dan ibu bernama Meps. Mereka berdua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang membuat kisah dari novel ini menjadi lebih menarik. Dengan membaca buku tersebut, detikers bisa mendapatkan pembelajaran sebagai seorang anak.

Cerita dari Lembah Baliem
Berbeda dengan empat buku sebelumnya, buku Cerita dari Lembah Baliem ini merupakan buku non fiksi yang ditulis oleh Dzikry el Han. Meski buku non fiksi, tetapi isi dari buku ini tak kalah menarik karena memberi kita informasi soal kehidupan masyarakat pedalaman.

Buku Cerita dari Lembah Baliem ini berisi pengetahuan tentang bentang alam dan gambaran sosial budaya masyarakat di wilayah Lembah Baliem. Wilayah tersebut terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya, Provinsi Papua.

Itulah rekomendasi buku-buku inspiratif yang bisa dijadikan bacaan bagi kalian kala libur sekolah. Mana yang menarik perhatianmu?

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama