Ilustrasi membuka jendela rumah. (Ist)


NASIONAL - Cara menghilangkan bau di ruangan tertutup tidak sulit. Bau tak sedap menunjukkan masalah kebersihan rumah yang serius, apalagi di ruangan tertutup. Bayangkan saat Anda membuka pintu, aroma tak menyenangkan langsung menyergap hidup.

Ruangan tertutup rentan berbau akibat kelembapan atau kuman. Anda mungkin merasa membersihkannya secara teratur tapi memperlakukan ruangan tertutup agak berbeda dengan ruangan lain di rumah yang masih cukup sirkulasi udara.

Baca Juga: Muslim Heroes Carnival : Senyawa Seni dan Literasi SMP Al Furqan Madrasatul Quran Diwek

Sumber bau di ruangan tertutup bisa beragam. Melansir dari Forbes Home, bau bisa berasal dari baju yang digantung, kadar kelembapan ruangan yang tinggi, perkakas kotor, dan kotoran tikus atau hewan peliharaan. Berikut cara menghilangkan bau di ruangan tertutup agar ruangan kembali segar.

Fokus pada Kualitas Aliran Udara

Ruangan tertutup memerlukan sirkulasi udara yang baik. Anda disarankan untuk rajin membuka jendela ruangan. Namun jika ruangan tidak memiliki jendela, buka pintu ruangan secara berkala dan alirkan udara dengan kipas angin.

Pakai Air Purifier
Sebaiknya pakai air purifier untuk membantu memurnikan udara dalam ruangan. Melansir dari Better Homes & Gardens, pilih air purifier dengan charcoal filter, HEPA filter untuk alergen dan dilengkapi monitor kualitas udara.



Pakai Penyerap Lembap pada Lemari
Sumber bau di ruangan tertutup bisa jadi dari lemari penyimpanan Anda. Menutup lemari memang keputusan tepat agar barang termasuk pakaian tidak kotor karena debu.

Akan tetapi, menutup lemari juga berarti membuat kelembapan terperangkap dan berisiko memicu bau. Oleh karenanya, pakai penyerap lembap khusus untuk lemari Anda.

Tabur Baking Soda pada Karpet
Karpet sebagus apa pun akan tetap menyerap bau. Meletakkan karpet di ruangan tertutup memang bakal jadi sarang bau yang luar biasa. Melansir dari Good Housekeeping, cukup taburkan baking soda ke seluruh karpet sebagai cara menghilangkan bau ruangan tertutup. Kemudian diamkan selama beberapa jam atau semalaman baru vakum.

Pakai Penyerap Lembap Ruangan
Ruang tertutup dan lembap sangat mudah memicu bau tak sedap. Anda mungkin kesulitan mengalirkan udara karena aksesnya benar-benar tertutup. Yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan penyerap lembap ruangan.

Penyerap lembap bentuknya mirip dengan pasir berukuran besar dan diletakkan pada sudut ruang. Mungkin perlu lebih dari satu penyerap lembap jika ruangan besar. Selama beberapa hari, Anda akan mendapati wadah berair yang berasal dari kelembapan ruang.

Pastikan Perkakas yang Disimpan dalam Keadaan Bersih dan Kering
Bau tak sedap bisa berasal dari perkakas atau perlengkapan yang disimpan di ruangan dalam kondisi kotor dan lembap. Sebaiknya cek lagi barang-barang Anda. Bersihkan dan keringkan apa pun yang disimpan di situ.

Pakai Desinfektan pada Toilet
Sebagian rumah tangga ingin pintu toilet selalu tertutup agar bau dan kuman tidak tersebar ke seluruh rumah. Namun kadang masuk toilet seperti disiksa bau. Anda bisa menggunakan bubuk atau biji kopi yang diletakkan di dekat ventilasi toilet untuk mengeliminasi bau.

Selain itu, cara menghilangkan bau ruangan tertutup termasuk toilet adalah bersihkan toilet dengan desinfektan secara teratur. Bersihkan hingga ke sela-sela dan sudut toilet.

Sumber/Rewrite: cnnindonesia.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama