Anak didik memilih aneka jajanan yang telah disediakan. (Donny)


DIWEK –
Sebagai ujung tombak penentu kualitas satuan pendidikan, tugas kepala satuan pendidikan memang mencakup beberapa kompetensi yang harus dimiliki. Mulai dari kompetensi kepribadian, supervisi, sosial, manajerial, hingga kewirausahaan.

Beberapa manfaat yang telah tertuai melalui kewirausahaan ini, salah satu aspek pentingnya juga menanamkan nilai edukasi pada anak dan wali anak didik akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat dan berbahan kimia.

Sifat kelimanya pun tidak bekerja secara parsial atau terpisah. Melainkan terintegrasi dan berkaitan antar aspek satu dengan yang lainnya serta harus terejawentahkan secara konkret dengan tujuan meningkatkan mutu satuan pendidikan dari segala aspek.

TK Pertiwi I Diwek adalah salah satu dari sekian contoh yang berhasil menerapkannya. Teranyar, pada Tahun Pelajaran (Tapel) 2023-2024 ini, pengembangan mutu disalurkan lewat eskalasi bidang kewirausahaan.

Baca Juga: Tips Pilih Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus agar Tumbuh Kembang Optimal

Kepala TK Pertiwi I Diwek, Iva Rahmawati, S.Pd. menjabarkan, konsep kewirausahaan yang melibatkan peran wali peserta didik, memiliki beberapa tujuan. Diantaranya, membudayakan kantin sehat dan memberikan wadah penghasilan bagi wali peserta didik.

“Keduanya memang mendasari konsep kewirausahaan yang arahnya kami tujukan pada kantin sehat. Ini juga telah menjadi bagian praktik untuk mengontrol konsumsi kudapan anak didik yang sehat dan higienis dari buatan wali peserta didik yang kami bagi menjadi dua kelompok,” ujar Iva Rahmawati.



Adapun laba dari kewirausahaan berupa kantin sehat ini, seluruhnya diperuntukkan untuk biaya operasional kegiatan pengembangan pembelajaran. Mulai dari outing class maupun penambahan sarana prasarana dalam skala kecil.


Aneka jajanan dengan kebersihan yang terjaga. (Donny)

Iva Rahmawati menambahkan, “Meskipun produk kudapan berbeda dari tiap kelompok wali anak didik dan terjadwal setiap harinya, penuh syukur omset yang didapat dapat merata. Sehingga pembiayaan kegiatan bagi anak didik dapat terbantu dan terminimalisir. Tak hanya itu, kepercayaan wali anak didik terhadap TK Pertiwi I Diwek pun meningkat. Terbukti dari tahun sebelumnya jumlah serapan anak didik yang hanya di angka 72 anak didik, kini telah mencapai 92 anak didik. Kesemuanya tak terlepas dari bagaimana komunikasi, serta pengembangan program yang kita jalankan bersama wali anak didik dengan tujuan peningkatan mutu TK Pertiwi I Diwek.”

Wali peserta didik menyiapkan jajanan yang berada di etalase. (Donny)

Guru Kelas A TK Pertiwi I Diwek, Elik Winarti, S.Pd. mengakui dari beberapa manfaat yang telah tertuai melalui kewirausahaan ini, salah satu aspek pentingnya juga menanamkan nilai edukasi pada anak dan wali anak didik akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat dan berbahan kimia. Sebab, mutu satuan pendidikan juga harus didasari dengan upaya pelahiran generasi yang sehat di usia dini.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

Lebih baru Lebih lama