Slamet Hariono. (Ist)


Slamet Hariono*

Buku digital (bahasa Inggris: ebook) adalah publikasi buku yang tersedia dalam bentuk digital. Isinya terdiri dari gambar, teks, atau mungkin keduanya. Bukel bisa dibuka dan dibaca melalui ponsel cerdas, komputer, atau beberapa perangkat elektronik lainnya. [1] Jika buku pada umumnya terdiri dari gabungan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka bukel berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dewasa ini, buku digital diminati karena lebih praktis daripada buku fisik, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam bukel dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format bukel yang populer, antara lain teks polos, pdf, jpeg, doc lit dan html.

Flipping book adalah salah satu buku digital paling sederhana karena tanpa memerlukan biaya dan mudah dalam pembuatan .Dalam fliping book teknologi navigasi dokumen digital yang menarik secara visual dan interaktif dengan penambahan file multimedia. Dengan teknologi tersebut, membuka atau membalik halaman dokumen digital, bisa dilakukan secara alami seolah seperti membuka halaman buku cetak di atas meja. Fitur tersebut memiliki keunggulan dibandingkan sistem konvensional dengan menggulung layar (scroll), ataupun dengan tombol navigasi. Lebih nyaman dan digemari pengguna baik dewasa maupun anak-anak.

Baca Juga: Nilai Pendidikan Pondok Ramadan

Keunggulan flipping book dibandingkan sistem konvensional di antaranya: membuka halaman buku secara alami seolah seperti membuka halaman buku cetak; tampilan hampir sama dengan buku cetak aslinya; latar belakang dapat dimodifikasi dengan pewarnaan, pola (pattern), gambar (image), theme, template maupun animasi; terdapat fasilitas template yang siap digunakan; dapat ditambahkan file multimedia agar lebih menarik dan melengkapi informasi yang disajikan; dapat dipublikasikan dalam bentuk flash maupun html; dapat diintegrasikan dengan sosial media atau ke website; dapat diintegrasikan dengan google ads; dapat diintegrasikan dengan google analytics; dan dilengkapi dengan fasilitas navigasi next page.

Penerapan flipping book dapat digunakan dalam beberapa bidang pekerjaan berikut: pembuatan materi belajar oleh pendidik; pembuatan materi presentasi, pembuatan katalog produk oleh produsen, promosi produk, menampilkan hasil digitalisasi, pembuatan buku / majalah digital interaktif, serta pembuatan tutorial. Aplikasi flipping book dapat melakukan konversi dari berbagai macam file yaitu dari file Pdf, file office (word, excel, PPT), flash movie (flv, f4v, mp4, dan .swf), serta image (.jpg, .png, .bmp, .jpeg, dan gif), dan menghasilkan menghasilkan file publikasi flipping book yaitu flash (.swf), App., Exe, Zip, Screen saver (.scr), video, Batch publish (multiple files in one publication), serta html5. Html5 adalah format untuk piranti mobile ipad, iphone, dan smartphone android.



Berikut ini adalah salah satu digital/flipping book yang dihasilkan SMP Negeri 2 Mojoagung Buku ini adalah kumpulan cerita inspiratif karya peserta didik SMP Negeri 2 Mojoagung kelas IX Tahun Pelajaran 2022/2023. Cerita yang berlatar tempat di SMP Negeri 2 Mojoagung, satuan pendidikan yang banyak tumbuh pohon kelengkeng dan menjadikan pohon kelengkeng sebagai ikon satuan pendidikan

Kumpulan cerita inspiratif ini sangat menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca, didalamnya berisi tentang cerita inspiratif yang diceritakan oleh peserta didik SMP Negeri 2 Mojoagung.

Dengan berbagai kelemahannya, kami berharap Kumpulan cerita inspiratif ini dapat bermanfaat dan berkontribusi lebih maksimal untuk menambah khazanah literasi anak-anak

Karya ini merupakan sekian langkah kecil sekaligus upaya pengabdian literasi kami

*) Guru SMP Negeri 2 Mojoagung

Lebih baru Lebih lama