Antusiasme anak didik ketika mengikuti jalan sehat. (Rabitha)


MEGALUH – Merencanakan acara perayaan hari besar dapat dilakukan melalui aktivitas yang menyenangkan bagi anak didik jenjang PAUD. Sebuah rangkaian kegiatan dapat diramu sederhana namun penuh dengan isyarat makna sehingga dapat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak didik. Seperti yang telah dilakukan Wilayah Kerja Pendidikan (Wilkerdik) Kecamatan Megaluh saat melaksanakan acara peringatan HUT RI ke-78.

Baca Juga: Minum Teh Saat Perut Kosong Bisa Sebabkan Hal Ini

Koordinator Wilkerdik Kecamatan Megaluh, Slamet, M,Pd. menyampaikan bahwa acara bertajuk jalan sehat dengan konsep menggunakan kreasi topi kemerdekaan ini diramu oleh segenap pengurus Pusat Kegiatan Gugus, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Kecamatan Megaluh. Kegiatan jalan sehat dipilih lantaran memiliki banyak manfaat bagi anak didik.



Slamet menjabarkan, “Seperti menunjang gaya hidup sehat dengan berolahraga, melatih kedisiplinan dengan baris berbaris hingga mengenalkan lingkungan sekitar pada anak didik. Lebih dari itu, agenda jalan sehat ini dipilih lantaran berbeda dengan tahun lalu yang berkonsep karnaval dengan menyewa baju karakter yang dinilai memberatkan satuan pendidikan dan wali anak didik.”

Kreasi topi hasil karya wali anak didik, guru dan anak didik. (Rabitha)

Kendati demikian, meskipun hanya menggunakan pakaian olahraga anak didik terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap arahan dari panitia, tambah Slamet. Sebab, anak didik juga mengenakan topi kreasi kemerdekaan yang telah dibuatnya secara mandiri dengan bantuan guru dan orangtua.

Prosesi pembagian hadiah. (Rabitha)

Pengawas TK Kecamatan Megaluh, Drs. Wasis Partomo menambahkan bahwa agenda jalan sehat dengan menggunakan topo kreasi ini juga mengajarkan banyak hal kepada anak didik. Diantaranya mengenalkan warna, bentuk, pola hingga melatih motoriknya dalam kegiatan menggunting, mengelem dan menempel. Selanjutnya dapat menambah keakraban antara anak didik, orangtua dan guru.

Jajaran Korwilkerdik bersama panitia penyelenggara. (Rabitha)

Ketua Panitia Acara sekaligus Kepala TK Kretarto Megaluh, Sri Wigati, S.Pd memungkasi bahwa pembuatan topi kreasi terbilang selain sangat digemari anak didik juga dapat dilakukan dengan bahan yang sederhana, mudah dicari dan murah. Acara ini diikuti oleh 35 lembaga dari jenjang KB dan TK. Panitia acara yang berjumlah 12 orang telah meramu acara yang diantaranya terdiri dari senam ceria, jalan sehat hingga pengundian kupon berhadiah yang berjumlah sekitar 50 hadiah menarik.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama