Outbond yang dilakukan oleh peserta pendidik PAUD. (Rabitha)


JOMBANG – Jumat pagi pada (26/9) Halaman Belakang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang terlihat ramai dari biasanya. Tampak bersemangat beberapa pegawai Disdikbud, tamu undangan dari Koordinator Wilayah Kerja Pendidikan seluruh kecamatan hingga para peserta yang terdiri dari Pengurus Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) kecamatan se Kabupaten Jombang mengikuti agenda perayaan ulang tahun Ikatan Penilik Indonesia (IPI) yang ke-17 tahun.

Baca Juga: Cara Mendampingi Anak Autisme

Ketua IPI Kabupaten Jombang, Khoirul Anam, S.Pd.I. menyampaikan bahwa tema ulang tahun IPI yang ke-17 ini ialah Perkuat Sinergi, Tingkatkan Integritas dan Profesionalitas. Tema tersebut diambil bukan tanpa alasan, sebab Penilik merupakan salah satu pilar pelaksana pembangunan pendidikan non formal dituntut untuk memiliki integritas dan kemampuan profesional yang tinggi agar mampu melaksanakan darma baktinya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.



Khoirul Anam yang juga sebagai Penilik Kecamatan Jombang itu menjelaskan bahwa perjalanan IPI selama 17 tahun ini terbilang penuh perjuangan. IPI Kabupaten Jombang beserta seluruh anggotanya secara terus menerus berupaya mewujudkan pengabdiannya melalui pembinaan profesi penilik serta mengembangkan pendidikan non formal yang berkualitas dan berprestasi.


Prosesi pemotongan tumpeng. (Rabitha)

Menanggapi hal tersebu, Kepala Bidang Pembinaan PAUD-PNF Disdikbud Kabupaten Jombang, Drs. Kasmuji Raharja, M.Pd. menambahkan bahwa tema yang diusung pada perayaan ulang tahun IPI kali ini memang sangat relevan dengan perkembangan organisasi IPI di Kota Santri. Seluruh anggota IPI harus bersinergi baik dengan pemerintah maupun dengan satuan pendidikan binaan.

Keseruan menyanyikan lagu HUT IPI ke-17 tahun. (Rabitha)

Selanjutnya pada integritas juga harus diperkuat, Penilik harus secara objektif dalam membersamai para satuan pendidikan untuk menuntaskan segala macam penilaian ataupun menyelesaikan program-program dari pemerintah, imbuh Kasmuji Raharja. Tak kalah pentingnya yakni profesionalitas, jangan sampai para penilik mudah puas dengan pencapaian selama ini, melainkan terus mengembangkan potensi yang menunjukkan tingkat profesionalitas secara pribadi.

Peserta sangat antusias mengikuti senam dan menari bersama. (Rabitha)

Sekretaris Disdikbud Kabupaten Jombang, Dian Yunitasi, M.Pd yang juga menyempatkan hadir berpesan bahwa terpenting IPI juga harus senantiasa menjalin sinergitas kepada stakeholders terkait yakni Disdikbud Kabupaten Jombang. Selanjutnya yakni mampu menampung segala aspirasi pendidik non formal dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan solusi terbaik. Kedepannya juga harus tetap berupaya bekerja secara profesional namun juga membangun rasa kompak dan kekeluargaan.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama