Satu porsi nasi jangung. (Rabitha)


JOMBANG – Nasi Jagung atau yang populer disebut masyarakat Jombang dengan Sego Ampok menjadi salah satu alternatif makanan berkarbohidrat yang sering dijumpai kala pagi hari. Namun, tardapat salah satu penjual Nasi Jagung yang eksis berjualan pada malam hari, yakni Nasi Jagung Bu Mujiati yang terletak di Jalan R.E Martadinata, Kelurahan Kepatihan Kecamatan Jombang.

Perbandingan antara nasi beras dan butiran jagungnya sungguh pas dan lembut. Bila dimakan terpisah dengan lauk lainnya, rasa nasi jagung cenderung manis.

Ditemui disela kegiatannya melayani pembeli, Bu Mujiati menyampaikan bahwa telah berjualan dari tahun 1990an. Konsep berjualan malam hari dipilih lantaran pada pagi sampai siang hari waktunya digunakan untuk memasak, selain itu juga sambil menunggu sang anak untuk pulang kerja sehingga dapat membantu menyiapkan warung dan meladeni pembeli.

Baca Juga: Tips Meluapkan Marah Tanpa Menyakiti Orang Lain

Bu Mujiati menjabarkan bahwa terdapat pelbagai macam pilihan Nasi Jagung. Diantaranya adalah Nasi Jagung Urap-urap, Nasi Jagung Sambal Terasi dan Nasi Jagung Kuah Lodeh. Selanjutnya ada pilihan lauk Rempeyek Ikan Klotok, Tahu Tempe Goreng, Bakwan Jagung, Telur serta Sate Rempelo dan hati ayam.

Terlalu asyik berbincang hingga tak terasa pesanan satu porsi Nasi Jagung para pengunjung lain sudah mulai hadir di meja. Satu porsinya terlihat sangat banyak hingga satu piring penuh dan menggunung hampir luber, yang kerap disebut para pembeli “porsi kuli”. Sehingga saya memutuskan untuk memesan setengah porsi saja dengan tambahan lauk Rempeyek Ikan Klotok, Kuah Lodeh dan Urap-urap.



Perbandingan antara nasi beras dan butiran jagungnya sungguh pas dan lembut. Bila dimakan terpisah dengan lauk lainnya, rasa nasi jagung cenderung manis. Kuah Lodeh yang sedikit hambar sungguh selaras jika dipadukan dengan asin guri dan renyahnya Rempeyek Ikan Klotok. Tak ketinggalan sayur urap-urap yang menyegarkan juga sangat sedap dilidah.


Bu Mujiati saat meracik nasi jagung. (Rabitha)

Bu Mujiati menyampaikan bahwa tidak pernah libur berjualan selain saat sakit atau hari raya saja. Buka mulai pukul 17.00 WIB saat persiapan sudah terdapat beberapa pembeli yang mengantre, sehingga tak sampai pukul 21.00 WIB sudah habis terjual ratusan porsi dengan rata-rata harga mulai Rp 10.000. Bagi pelanggan yang ingin memesan juga bisa melalui nomor 089676090121.

Satu porsi nasi jangung. (Rabitha)

Salah satu pembeli Nasi Jagung Bu Mujiati, Ghulam menyampaikan bahwa Nasi Jangung terbilang menyehatkan daripada nasi beras biasa dan sangat pas bila disantap malam hari. Sebab, selain sehat juga dapat menekan penyakit diabetes dan alternatif untuk berdiet. Untuk rasanya, Nasi Jagung Bu Mujiati ini sungguh kaya, mulai dari rasa manis, asin, dan gurih semua ada.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Lebih baru Lebih lama