Ilustrasi mencuci stroberi. (Ist)


NASIONAL - Stroberi termasuk buah yang memiliki masa simpan pendek. Kalau ingin tetap awet segarnya, kamu bisa menyimpannya dengan beberapa tips yang mudah dipraktekkan ini.

Stroberi merupakan buah segar yang tinggi kandungan vitamin C-nya. Buah berwarna d merah ini rasanya juicy cenderung asam manis.

Biasanya stroberi dinikmati langsung atau dijadikan kudapan yang manis. Segarnya stroberi juga cocok dibuat menjadi jus atau campuran smoothie. Kamu bisa menyetok stroberi asal caranya tepat. Karena, masa simpannya bisa lebih lama dan kualitas kesegaran stroberi tetap terjaga.

Baca Juga: Cabdin Pendidikan Provinsi Wilayah Kabupaten Jombang Imbau Penghentian Sementara Penjualan Seragam Sekolah

Dilansir dari Mirror, tips menyimpan stroberi agar tetap segar ini. Tipsnya sangat mudah dipraktekkan di rumah.

Pertama, mulai dari mencuci bersih stroberi. Agar semua kotoran dan serangga terangkat, kamu bisa mencucinya bersama air yang ditambahkan sedikit cuka. Tambahkan sedikit cuka ke dalam semangkuk besar air. Cuka ini akan berperan sebagai pembasmi kuman dan bakteri pada stroberi.

Rendam stroberi itu selama beberapa menit, kemudian buang airnya dan tiriskan. Setelah itu, berikan beberapa lembar tisu dapur di atas mangkuk untuk meniriskan air dari stroberi. Kalau kamu memiliki alat khusus untuk mengeringkan buah atau sayur, kamu bisa memutarnya beberapa kali. Setelah itu ambil tisu dapur baru dan letakkan di atas wadah.



Letakkan satu per satu buah stroberi ke dalam wadah yang telah dilapisi tisu dapur. Tutup rapat wadah berisikan stroberi dan simpan dalam kulkas. Cara ini akan membuat stroberi bertahan lama tetap segar. Warna stroberi juga masih terlihat cantik dan siap untuk dinikmati.

Banyak netizen yang menyukai tips menyimpan stroberi satu ini. Bahkan, ada yang memberikan tips menyimpan stroberi lainnya. Kamu juga bisa menggunakan sedikit madu dalam wadahnya, karena madu adalah pengawet alami.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama