Wiwin Fida Yanti, S.Pd.SD. (Rabitha)


JOMBANG – Aktif sebagai pengurus organisasi keguruan menjadi salah satu cara guru untuk mengembangkan potensi. Hal itulah yang mendasari Wiwin Fida Yanti untuk terus berkarir di pelbagai organisasi guru hingga berbuah manis capaian Juara I Guru SD Berprestasi Kabupaten Jombang tahun 2023.

Ternyata dengan menggunakan media komputer yang dilengkapi dengan LCD Proyektor dan sound sistem, peserta didik sangat antusias dalam belajar hingga tercapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan rata-rata nilai setiap peserta didik.

Ditemui disela segudang aktifitasnya, Guru kelas VI SDN Brambang Diwek, Wiwin Fida Yanti, S.Pd.SD menyampaikan bahwa di era globalisasi saat ini seorang guru dituntut mampu berubah dan juga beradaptasi mengikuti perkembangan zaman, terutama memahami gaya belajar dan kebiasaan peserta didik guna menciptakan pembelajaran berdiferensiasi. Namun, untuk merubah pola tersebut tentu dibutuhkan niat untuk terus belajar yang selain dapat dilakukan secara mandiri melalui pelbagai platform yang telah disediakan, melalui workshop dan juga aktif pada organisasi.

Wiwin Fida Yanti mengatakan bahwa beberapa organisasi yang diikuti diantaranya PGRI Kabupaten Jombang, Kelompok Kerja Guru, Komunitas Guru Penggerak hingga Co-Kapten Belajar.id Jawa Timur. Kesemuanya memberikan manfaat dalam menciptakan proses belajar mengajar yang mengasyikkan ala Kurikulum Merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Otak

Selanjutnya yang tak kalah pentingnya yakni memberikan kesempatan untuk menghadiri dan mewakili di pelbagai acara atas nama organisasi, terang perempuan berparas ayu itu. Sehingga berkat pengalaman berharga tersebut dan kerjasama dengan rekan sejawat dapat meningkatkan motivasi untuk terus menempa diri hingga menjadi moderator, narasumber, pengurus organisasi, lolos pada program pembinaan guru setingkat provinsi hingga terbaru yakni berprestasi di ajang PTK Berprestasi Kabupaten Jombang tahun 2023.



Wiwin Fida Yanti yang juga memiliki keahlian desain grafis itu mengakui bahwa mengikuti ajang ini bukan pada kali pertamanya, sebab pada tahun 2020 sempat mencoba namun belum lolos. Selanjutnya dengan portofolio yang terbilang lengkap dan persiapan yang matang pada tahun 2023 hampir tak menemui kendala berarti dalam berlomba.

“Judul yang diangkat yakni Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Hal ini bermula dari pemanfaatan sebanyak 28 komputer satuan pendidikan untuk pembelajaran di kelas. Ternyata dengan menggunakan media komputer yang dilengkapi dengan LCD Proyektor dan sound sistem, peserta didik sangat antusias dalam belajar hingga tercapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan rata-rata nilai setiap peserta didik,” ujar perempuan yang ternyata menggandrungi hobi bernyanyi itu.


Wiwin Fida Yanti, S.Pd.SD. (Rabitha)

Keberhasilan dalam proses pembelajaran tersebut dibuat tulisan berupa naskah dan praktik video pembelajaran. Beruntung dalam pengambilan video dibantu oleh rekan operator bernama Tri Indra Kharisma dan seluruh peserta didik kelas VI yang sangat bersemangat, tandas perempuan kelahiran Kota Maluku itu. Selanjutnya yakni peran keluarga, Kepala SDN Brambang Diwek Dwi Rahayuningtyas dan seluruh guru, semua dapat berjalan dengan lancar.

Reporter/Foto: Rabitha Maha

Prestasi:


1. Medali Perunggu, Perak, Emas Gurulypics Nasional PGRI Tahun 2020.

2. 30 Besar Sahabat Rumah Belajar Jatim Tahun 2020 dan 2021.

3. Google Certificated Educator L1, L2, dan L3

4. Co-Kapten Belajar.ID Jatim 2022-2023

5. Mentor Google Master Trainer L1 Tahun 2022

6. Guru Penggerak Angkatan 5

7. Juara I Guru SD Berprestasi Kabupaten Jombang tahun 2023

Lebih baru Lebih lama