MEGALUH – Warga SDN Balonggemek II Megaluh meyakini bahwa, menumbuhkan jiwa wirausahawan atau entrepreneur tidak dapat dilakukan secara instan. Dalam prosesnya, anak mesti dibekali dengan pengetahuan serta karakter kewirausahaan (entrepreneurship).

  Kegiatan jual beli pada Entrepreneurship Day. 
   (Rabitha)

Kepala SDN Balonggemek II Megaluh, Sulistyorini, S.Pd.SD. menyampaikan, program Entrepreneurship Day telah menjadi program rutin tahunan di sekolahnya. Namun setiap tahunnya selalu ada inovasi yang bertujuan untuk mengasah kreatifitas jenis konsep produk yang dijual. Mulai dari segi kuantitas, kualitas ataupun acara pendukung lainnya. Produk unggulan pada tahun ini diantaranya yakni sticker, alat tulis hingga beragam makanan dan minuman seperti olahan pentol, siomay, tahu bakso, jelly, salad buah, es lumut dan masih banyak lagi.


Sulistyorini menambahkan, “Untuk tahun ini tetap menggunakan stand atau lapak per kelas, terdapat beragam kategori penilaian kegiatan jual beli yang diantaranya stand paling kreatif, kompak dan variatif. Sementara dewan jurinya yakni pengawas satuan pendidikan, Penilik Wilkerdik Kecamatan Megaluh dan Ny. Kristin Bunda PAUD Desa Balonggemek.”


   Kegiatan fashion show bagi anak didik jenjang PAUD. 
(Rabitha)

Pengawas Wilkerdik Kecamatan Megaluh, Drs. Suyono, M.Pd mengakui bahwa program ini menarik, karena tak hanya dimeriahkan oleh guru dan peserta didik saja. Tetapi, melibatkan wali peserta didik yang juga turut terjun langsung membantu buah hatinya mempersiapkan stand. Kekompakkan juga sangat terasa ketika wali dan peserta didik mengenakan seragam atau kostum pilihan yang menambah semaraknya acara.

Pertunjukkan Seni Bantengan yang Dipentaskan Peserta Didik.
(Rabithah)

Selain itu, strategi promosi pada tahun ini juga diperluas dengan adanya agenda pertunjukkan setiap ekstrakurikuler seperti tari tradisional, kesenian bantengan, jaranan, hafidz, qiroah dan masih banyak lagi. Sehingga masyarakat yang berada di sekitar satuan pendidikan juga dapat menikmati acara dan membeli produk karya peserta didik,” ungkap Suyono.


Peserta Fashion Show.
(Rabithah)

Guru Kelas II sekaligus pembawa acara, Umi Fadilah, S.Pd.SD juga menerangkan, kegiatan ini juga memberikan panggung bagi anak didik jenjang PAUD untuk mengikuti lomba fashion show yang diikuti oleh 24 peserta. Tentu hal ini berimbas pada syiar kreativitas SDN Balonggemek II Megaluh ke masyarakat secara luas. ■rabitha maha

Daftar Jawara Fashion Show :
  • Juara 1, Cia TK Pertiwi Megaluh
  • Juara 2, Sabiya TK Pertiwi Megaluh
  • Juara 3, Humairah TK Pertiwi Megaluh
  • Harapan 1, Kayla TK Tunas Harapan Megaluh
  • Harapan 2, Talenta TK Tunas Harapan Megaluh
  • Harapan 3, Alvino, PAUD An Nur Megaluh
Lebih baru Lebih lama