Sapu Lidi Lahirkan Batik Gepyok

KESAMBEN - Batik merupakan warisan budaya Bangsa Indonesia, beraneka motif dan teknik dalam proses membatik, bagai mana bila secarik kain batik di buat oleh peserta didik di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pelita Bangsa Desa Wuluh, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Di Sekolah ini para peserta didik berkebutuhan khusus diajarkan bagaimana membuat batik, berbagai macam motif batik, yang menarik adalah Batik Gepyok, teknik pembuatannya menggunakan seikat lidi yang di pukul-pukulkan pada selembar kain katun putih setelah di celupkan kedalam lilin cair.

Setelah itu, proses selanjutnya diberi pewarnaan, di celup kembali kedalam tong yang sudah diberi larutan water glass untuk mengikat warna supaya tidak luntur.


Menurut Kepala Sekolah SLB Pelita Bangsa, Sihwilujeng, batik buatan anak didiknya cukup diminati. Beberapa kali Batik Gepyok tersebut dikirim ke Surabaya, Jakarta, Sumatra, hingga Kalimantan.

Anda berminat ? harganya cukup terjangkau per potongnya hanya 130 ribu rupiah, untuk mendapatkannya silahkan datang langsung di SLB Pelita bangsa Kesamben, atau di ruang pamer DEKRANASDA yang terletak di utara Pendopo Kabupaten Jombang. FOTO/TEKS: luhur W. Wijaya



No comments

Powered by Blogger.