SMK Negeri 3 Jombang Berinovasi Melahirkan Teknologi Tepat Guna


Kepala SMK Negeri 3 Jombang, Gatot, M.Pd. menjelaskan, “SMK Negeri 3 Jombang hadir di tengah masyarakat guna menjawab kebutuhan pendidikan khususnya untuk peserta didik yang siap bekerja usai lulus.

JOMBANG – Memilihkan sekolah yang benefit serta unggul menjadi prioritas orang tua wali peserta didik. Tak heran pula setiap sekolah secara bertahap berbenah untuk meningkatkan mutu serta kualitas yang ditawarkan. Seperti halnya SMK Negeri 3 Jombang, dahulu bernama STM Negeri Jombang yang didirikan tiga puluh sembilan tahun lalu.

Sekolah yang beralamatkan di Jalan Pattimura Nomor enam Jombang ini memiliki luas wilayah lebih kurang 4,1 hektar. Didukung fasilitas yang bersih, nyaman, berkualitas, serta disesuaikan dengan lingkungan pada keadaan pelayanan perusahaan besar.

Kepala SMK Negeri 3 Jombang, Gatot, M.Pd. menjelaskan, “SMK Negeri 3 Jombang hadir di tengah masyarakat guna menjawab kebutuhan pendidikan khususnya untuk peserta didik yang siap bekerja usai lulus. Pada 2017 mengalami berkembang pesat diilihat dari penilaian kinerja sekolah yang mengalami peningkatan signifikan. Jika merujuk pada standar provinsi, SMK Negeri 3 Jombang sudah berada di atasnya, kemudian jika di wilayah Jombang, mendapatkan predikat terbaik pada jenjang SMK.”


Baca Juga : Miftahul Ulum Tiada Hari Tanpa Bersepeda

Pria berkumis tipis tersebut juga menambahkan, SMK yang dipimpinnya menjadi SMK rujukan berdasarkan Keputusan Direktur Pembinaan SMK Nomor 705/D5.2/KP/2016. Dinyatakan menjadi salah satu SMK yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi rujukan Adiwiyata Nasional. Selain itu sejak tahun 2014, mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.

“Berintegritas nasional juga baru saja diperoleh dalam penyelenggaraan Ujian Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai sekolah Berintegritas dalam Penyelenggaraan Ujian Nasional,” terangnya.


Sebanyak 1.631 peserta didik yang terbagi dalam 1.565 laki-laki dan 66 peserta didik perempuan mempercayakan masa depannya di SMK Negeri 3 Jombang. Sehingga secara serius dilakukan pendampingan oleh 120 guru dan 24 karyawan di dalamnya.

“Dukungan tersebut yang terintegrasi dalam program kerja guna mencapai visi dan misi SMK Negeri 3 Jombang dengan tersedianya sarana yang memfasilitasi peserta didik. Diantaranya e-library, manajemen mutu, ekstrakurikuler, e-learning, bursa kerja khusus, dan mitra kerja,” jelas pria berkacamata itu.

Sekolah yang sudah terakreditasi A pada semua program studi tersebut mengembangkan pola yang sedikit berbeda dengan pusat. Hal tersebut lantaran adanya penyesuaian kebutuhan lingkungan tempat berdirinya sekolah. Harapannya setiap peserta didik sesuai visi akan bersaing di dunia kerja. Salah satunya ialah menciptakan teknologi tepat guna.

Menurut Wakil Ketua Kesiswaan, Sugiharto, S.Pd. menambahkan, jika tekad kuat dan niat untuk menjadi yang terbaik, maka dukungan dari pihak lembaga kepada peserta didik diberikan secara penuh. Baik materi serta dukungan sosial sehingga tak perlu ragu untuk menjadi berprestasi bersama. chicilia risca

No comments

Powered by Blogger.