Nongkrong Asik di Jombang Night Garden Festival


Event Jombang Night Garden Festival yang dilaksanakan di sebuah kebun tersembunyi di dekat ikon Kota Jombang ini. Mulai dari coffe competition, food dan musik festival dikemas menarik untuk disuguhkan kepada masyarakat khususnya kaula muda Kota Santri.

JOMBANG – Musik menjadi hal yang tak terpisahkan bagi masyarakat urban modern saat ini. Kapan saja dan dimana saja, alunan musik bak sebuah pelengkap yang penting untuk selalu ada. Baik pada saat berkendara, nongkrong atau bahkan pada saat tengah kesepian, musik seakan menjadi pelengkap jiwa dalam kondisi apa pun.

Apalagi live music! Semakin menggugah gelora untuk turut hanyut didalamnya. Seperti dalam event Jombang Night Garden Festival yang dilaksanakan di sebuah kebun tersembunyi di dekat ikon Kota Jombang ini. Mulai dari coffe competition, food dan musik festival dikemas menarik untuk disuguhkan kepada masyarakat khususnya kaula muda Kota Santri.

Selain dapat nongkrong bersama sahabat, orang tua bahkan teman hidup ini, pengunjung dapat menikmati varian kopi yang disuguhkan oleh barista-barista handal dengan racikan unggulan. Sembari bercanda gurau pengunjung juga dihibur oleh beberapa grup musik dengan genre musik yang berbeda namun akan menambah suasana hati semakin tenang dan larut ke dalamnya.


Baca Juga : Sekolah Ruang Mencegah Kekerasan

Event yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu malam tersebut (14-15/9) juga dihadiri seorang youtuber asal Yogyakarta yang sedang naik daun dan viral. Di Instagram, Tri Suaka sudah memiliki sekira 200 ribu followers. Sedangkan di YouTube, subscribers Tri sudah mencapai 1,4 juta. Dalam konten Youtubenya, Tri Suaka kerap mengunggah cover lagu-lagu hits dengan memainkan solo gitar.

Laki-laki yang kerap disamakan suaranya dengan Ariel Noah tersebut mengatakan bahwa Musisi sebenarnya membutuh wadah untuk berekspresi, saling mengapresiasi dan berkumpul membagikan ilmu dan pengalaman masing-masing. Karena itu, perlu dari pegiat-pegiat musisi muda khususnya menyiapkan konsep acara yang memadukan pertunjukan musik dan diskusi mengenai musik.

Salah satu masukannya pada para musisi muda ialah mempelajari teori sebagai landasan bermusik yang benar. Tetapi harus dibarengi juga dengan praktik, memperbanyak jam terbang untuk tampil juga banyak mendengarkan musik orang lain sebagai inspirasi. Penampilan musik dari para pengisi acara kali ini bisa menjadi salah satu inspirasi bagi para musisi muda yang hadir.


Banyaknya elemen masyarakat dan komunitas yang hadir dapat menghasilkan ilmu baru dan saling bertukar pikiran. Dalam kegiatan ini biasanya anak muda mengistilahkan dengan kata ‘nongkrong bareng’.

Pandangan terhadap nongkrong biasanya negatif karena dinilai membuang waktu percuma dengan melakukan hal-hal yang tidak produktif. Masyarakat khawatir dengan aktivitas nongkrong anak muda yang tak bermanfaat, padahal generasi saat ini sendiri merupakan agent of change atau agen pembawa perubahan.

Faktanya, banyak hal positif yang dapat diperoleh dari nongkrong, misalnya berinteraksi dengan orang lain, menambah wawasan tentang dunia luar dan memperluas koneksi. Bagi orang yang memiliki suatu usaha, budaya nongkrong dapat mempromosikan usaha mereka, sehingga pendapatan pun bertambah. Pelajar-pelajar yang mempunyai suatu proyek dan butuh diskusi, tetapi tidak ingin suasananya tegang juga dapat nongkrong di tempat yang nyaman.

Masyarakat Indonesia biasanya menyelesaikan masalah dengan musyawarah, hal ini juga dapat dilakukan dengan nongkrong. Tak ada salahnya ketika merasa penat dengan rutinitas sehari-hari lalu menyegarkan pikiran dengan nongkrong bersama teman di suatu tempat, membahas kehidupan sehari-hari, dan berita-berita yang sedang hangat sekarang. aditya eko

No comments

Powered by Blogger.