Panggung Pentas Seni Tempat Pengembangan Kreativitas dan Bakat Peserta Didik


Bakat yang telah ditemukan dan kemudian teraktualisasi akan semakin menemukan momentum dalam mengantarkan kesuksesan manakala diikuti dengan kemampuan membangun kreativitas diri.

Sri Sarjono,S.Pd.SD

Kreativitas adalah kemampuan untuk mengungkapkan dirinya secara kreatif, meskipun setiap peserta didik memiliki bakat dan kreativitas dalam bidang dan dalam kadar yang berbeda-beda. Bakat adalah kemampuan bawaan, sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud. Dengan pengembangan bakat peserta didik bisa berkarya sendiri dan mampu berkolaborasi dengan orang lain.Kegiatan ekstrakurikuler berfungsi membantu mengembangkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat. Melalui ekstrakurikuler, peserta didik dapat memantapkan pengembangan kepribadian peserta didik yang cenderung berkembang untuk memilih jalan tertentu.Seni tari adalah salah satu jenis budaya yang sangat lama dan tidak peka oleh zaman dan merupakan salah satu wujud dari ekspresi manusia terhadap lingkungan dan kehidupan. Tempat untuk menyalurkan pengembangan kreativitas dan bakat peserta didik melalui panggung terbuka di SD Negeri Pulorejo Tembelang, Kabupaten Jombang, dengan cara dipraktikan atau diaktualisasikan dalam suatu kegiatan atau event tertentu, peserta didik lebih giat dalam mengikuti kegiatan tersebut.


Baca Juga : Peningkatan Prestasi Belajar Sistem Tata Surya Melalui Metode Demonstrasi

Bakat yang telah ditemukan dan kemudian teraktualisasi akan semakin menemukan momentum dalam mengantarkan kesuksesan manakala diikuti dengan kemampuan membangun kreativitas diri. Kreativitas adalah salah satu upaya yang dijadikan terobosan dan penguatan bagi pengembangan bakat yang telah tergali. Ngainun Naim (2011:244-245) Kreativitas merupakan keterampilan, dimana semua orang yang berniat untuk menjadi kreatif dan ia mau melakukan latihan-latihan yang benar, maka dia akan menjadi kreatif. Kreativitas bukanlah sekedar bakat yang dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, kreativitas bukan monopoli orang seniman saja. Tetapi semua orang memiliki peluang untuk menjadi kreatif asalkan mau berlatih dan berusaha. Seni tari menurut Hidajat (2006: 56) adalah seni ruang gerak waktu. Seni tari mencakup tiga elemen dasar, yaitu gerak sebagai fondasi mendasar yang dibentuk yang mana disaat gerakan tersebut dilakukan maka akan terbentuknya sebuah ruang yang terangkum dalam waktu. Tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler seni tari guna tercapai pembelajaran yang optimal. Tempat yang menarik sangat diperlukan supaya tidak terjadi menurunya kreativitas yang dimiliki anak dalam pengembangan bakat dalam bidang seni, yaitu: seni tari, seni kriya anyam, dan pramuka dengan tujuan untuk dapat mengasah bakat yang dimiliki anak.

Cara mengembangkan bakat peserta didik dengan cara: Perlu keberanian: berani memulai, berani gagal, berani berkorban (perasaan, waktu, tenaga, pikiran, dsb) berani bertarung. Keberanian akan membuat seseorang melihat jalan keluar jika berhadapan dengan berbagai kendala.Perlu didukung latihan: bakat perlu diasah, latihan adalah kunci keberhasilan.Perlu didukung lingkungan: lingkungan disini termasuk manusia, fasilitas, biaya dan kondisi sosial yang turut berperan dalam usaha pengembangan bakat.Perlu memahami hambatan dan mengatasinya: maksud disini perlu. Mengidentifikasi dengan baik kendala-kendala yang ada, kemudian mencari jalan keluar untuk mengatasinya.Seni budaya dan keterampilan pada sekolah dasar tidak hanya dijadikan sebagai mata pelajaran yang berbasis budaya semata, melainkan SBK itu sendiri dapat dijadikan sebagai suatu kegiatan yang diikuti oleh peserta didik sebagai penyaluran bakat dan pengembangan diri untuk potensi yang dimiliki masing-masing peserta didik.

Kegiatan Panggung Gebyar Seni dan Ajang Bakat Peserta didik yang telah diadakan oleh SDN Pulorejo Tembelang di halaman sekolah pada hari Rabu, tanggal 19 Juni 2019 merupakan tempat untuk menyalurkan bakat dan kreativitas peserta didik, yaitu wujud pertunjukkan seni dalam berbagai bentuk, seperti pertunjukkan musik, tarian, drama dan berbagai macam bentuk kreativitas seni lainnya yang dilakukan oleh para peserta didik yang bersekolah di dalam sekolah tersebut. Sedangkan tujuan pentas seni dalam panggung terbuka yakni sebagai ajang pertunjukkan bakat bagi para peserta didik/ siswi, dimana dalam kegiatan tersebut mereka dapat menyalurkan kreativitas serta mendapatkan sebuah panggung pertunjukan yang layak berbagai kegiatan seni yang mereka minati. Kegiatan ini sangat diminati oleh anak-anak diantaranya menampilkan seni tari tradisional (tari remo), pidato, seni baca Alqur,an, seni Al-Banjari, seni drumband, seni tari kreasi baru, seni menyanyi karaoke/musik, seni paduan suara dan sosialisasi langsung wali murid :

a) Seni Tari Tradisional

Menampilkan seni Tari Remo yang dibawakan oleh Harjuna yang masih duduk di kelas 2.

b) Pidato

Disampaikan oleh Al Baqis kelas 6 yang menyampaikan keberanian berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapatnya gambaran rasa terima kasih kepada gurunya.

c) Seni Baca Alquran

Dibacakan oleh Moh. Iqbal dan Moh. Ilham kelas 5 dengan alunan intonasi atau membaca yang disuarakan dalam keindahan raga nada, variasi serta ipmrovisasi selaras dengan pesan-pesan yang diungkapkan oleh ayat-ayat yang dibaca supaya anak-anak mencintai Alquran.

d) Seni Al-Banjari

Kesenian bernafaskan Islam dengan melantunkan shalawat Nabi, ditampilkan satu group dari kelas 4 dan 5 yang beranggotakan 10 orang yaitu penabuh Supriyadi, Ahmad Rendi Frianto, Izam Zosa Budi S, Muhammad Ilham Z, Muhammad Iqbal Z dan vokalis Dea Puspita Yunastiti, Alya Puji Lestari, Silvi Aprillia Putri, Qory Farmaidzah, Nabella Nur Fauziah.

e) Seni Drumband

Marching drumband Gita Nada menampilkan group yang beranggotakan 22 peserta didik dari kelas 4 dan 5 membawakan 2 lagu yaitu sholawat dan Halo-halo Bandung.

f) Seni Tari Kreasi Baru

Menampilkan tari arak-arak, Tari Dongklak, Tari Layang-layang, Tari Hadrah

g) Seni Musik Menyanyi Karaoke

Menampilkan lagu Berkibarlah benderaku dan Bagaikan di langit dibawakan kelas 4.

h) Seni Paduan Suara

Paduan Suara merupakan seni yang sangat indah karena berpadunya melodi musik yang harmonic yang dibawakan oleh peserta didik kelas 6 yang berjumlah 43 peserta didik, dengan membawakan dua buah lagu Terima Kasihku dan Sayonara membuat suasasana menjadi hening, sedih, gembira dan menegangkan semua yang hadir.

i) Sosialisasi Langsung Wali Murid

Selain Kepala Sekolah, Komite sekolah, Kepala desa, Pengawas SD Wilker Pendidikan Kecamatan Tembelang memberi sambutan langsung kepada wali murid tentang sistem Zonasi PPDB kelas 6 dan jangan menilai peserta didik dari pengetahuannya saja tetapi juga dinilai dari keterampilan bakat dan kreatif mereka yang menonjol dalam bidang lain contoh seni, olahraga atau yang lainnya.

SD Negeri Pulorejo Tembelang menggelar acara Panggung Pentas Seni (Pensi) sebagai ajang bagi para peserta didik menumpahkan kreativitas dan bakat seninya. Acara tersebut diisi dengan berbagai macam pentas kreativitas seni. Acara ini menjadi ajang kreativitas dari anak-anak dan guru. Hampir semua tampilan beda dari mulai menari, menyanyi, drama hingga tampilan eskul seperti Seni Al-Banjari, Seni Drumband. Panggung pentas seni juga sebagai sarana merajut kebersamaan dalam menggali potensi dan kreativitas, karenanya selain sebagai ajang kreativitas seni, acara tersebut diharapkan menjadi ajang untuk merajut kebersamaan antara peserta didik, guru dan orang tua peserta didik. Peserta didik dan guru bersama-sama mempersiapkan dan mementaskan tampilannya dan orang tua peserta didik juga bisa bersama-sama memberi motivasi.

Terkait panggung pentas seni, ternyata keberhasilan anak jangan semata dilihat dari kemampuan akademik. Anak yang memiliki nilai rapor di bawah 8 misalnya, jangan langsung dipandang sebagai anak yang tidak berhasil. Boleh jadi kompetensinya bukan di bidang akademik, tapi di bidang seni. Kita menggelar acara ini agar anak-anak bisa mengeksplor kompentensinya masing-masing. Oleh karena itu Panggung Pentas Seni perlu disediakan oleh sekolah sebagai tempat pengembangan kreativitas dan bakat peserta didik.

*) Guru SDN Pulorejo II Tembelang

No comments

Powered by Blogger.