Pelatihan Pembuatan APE PAUD



APE untuk pendidikan PAUD merupakan salah satu permainan edukatif sekaligus media bantu pembelajaran yang dapat membantu anak-anak untuk belajar berbagai macam pengetahuan. APE PAUD dapat berfungsi untuk membantu memperagakan atau mempraktikan sesuatu dalam proses pembelajaran.

JOMBANG – Profesi sebagai guru saat ini harus dituntut untuk kreatif dalam segala hal, terutama dari segi pembelajaran untuk peserta didiknya. Tidak terkecuali guru PAUD demi menciptakan pembelajaran yang menyenangkan seperti membuat alat bermain edukatif yang aman dari bahan sederhana guna menunjang kegiatan belajar.

Demi menggembangkan kreativitas guru, Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Jombang bersama perusahaan ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto terus berupaya menwujudkan filosofi perusahaan melalui poin pertama menjadi bermanfaat bagi bangsa dan Negara. Kali ini inovasi yang dilakukan ASTRA bukan di bidang konstruksi jalan tol ataupun layanan lalu lintas.

Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, mengatakan bahwa kerjasama yang disepakati adalah pelatihan membuat Alat Peraga Edukasi (APE) untuk guru PAUD Se Kabupaten Jombang. Ini merupakan bentuk kepedulian ASTRA dalam menangani pendidikan yang berdampak Tol.


Baca Juga : KB Al Husna Mojokrapak Belajar dengan Bahasa Ibu

“Pelatihan pembuatan APE ini sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Anak memiliki dunia dan karakteristik tersendiri yang jauh berbeda dari dunia dan karakteristik orang dewasa. Oleh karenanya, pendekatan, materi, bahkan anak peraga pendidikan untuk anak-anak PAUD berbeda dengan pendidikan tingkat lanjut. Masa anak-anak merupakan masa yang sangat mendasar bagi perkembangan karena pada masa inilah terjadinya pembentukan dan pengembangan pribadi seseorang. Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang pas seperti APE” papar Tita Aniqowardani.

APE untuk pendidikan PAUD merupakan salah satu permainan edukatif sekaligus media bantu pembelajaran yang dapat membantu anak-anak untuk belajar berbagai macam pengetahuan. APE PAUD dapat berfungsi untuk membantu memperagakan atau mempraktikan sesuatu dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk lebih meningkatkan kapasitas para guru. 


“Dengan lebih meningkatnya kapasitas mereka, diharapkan kualitas pembelajaran juga akan lebih meningkat. Minimal dimulai dengan munculnya minat anak untuk memulai pembelajaran dengan APE yang menarik dan sederhana. Perlunya memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran, agar lebih menghemat biaya, mengenal alam secara konkrit tidak lagi verbal, membiasakan menyatu dengan alam, menumbuhkan kecerdasan naturalis, pembelajaran lebih aplikatif dan lebih komunikatif,” jelasnya.

Sedangkan pemilihan alat peraga atau bermain harus sesuai tujuan dan fungsi penggunaannya, memberikan pengertian dan menjelaskan konsep tertentu, mendorong kreatifitas anak, memenuhi unsur kebenaran ukuran, ketelitian dan kejelasan, tidak membahayakan, menarik dan menyenangkan serta dapat digunakan guru dan anak. Adapun dalam pembuatan alat peraga perlu memperhatikan beberapa hal, yakni multimedia, dapat menumbuhkan kreatifitas, mudah dibuat, nyaman digunakan, bahan mudah didapat dan bahan tahan lama. aditya eko

No comments

Powered by Blogger.