Manasik Haji PAUD Kecamatan Megaluh Mengenal Haji Sejak Dini


“Rangkaian kegiatan ini akhiri peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 dengan manasik haji. Selain meningkatkan ketaqwaan, anak didik diberikan pengertian dan wawasan terkait haji. Jika sudah memiliki persyaratan yang diperlukan untuk berangkat haji, maka tanpa menunda segeralah mendaftar haji.” - Ketua PKG Kecamatan Megaluh, Hj. Saidah Muasomah, S.Pd. -

MEGALUH – Rukun Islam yang kelima yakni haji wajib dilakukan oleh umat muslim yang mampu. Oleh karena itu, penting kiranya sejak dini dikenalkan sehingga memiliki gambaran serta pengalaman. Akhirnya anak didik pun memilki semangat untuk menunaikannya.

Hal itu pun yang diharapkan oleh Pusat Kerja Gugus (PKG) Kecamatan Megaluh saat melaksanakan manasik haji jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan melibatkan 21 Kelompok Bermain (KB) dan 12 Taman Kanak-kanak (TK) hingga mencapai 1.600 peserta yang dipusatkan di Lapangan Kecamatan Megaluh.


Baca Juga :
Pemberdayaan dan Workshop KKG Langkah Meningkatkan Mutu Guru

Ketua PKG Kecamatan Megaluh, Hj. Saidah Muasomah, S.Pd., menegaskan, “Rangkaian kegiatan ini akhiri peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74 dengan manasik haji. Selain meningkatkan ketaqwaan, anak didik diberikan pengertian dan wawasan terkait haji. Jika sudah memiliki persyaratan yang diperlukan untuk berangkat haji, maka tanpa menunda segeralah mendaftar haji.”

Sambutan hangat dan apresiasi diberikan oleh Camat Megaluh dan juga wali anak didik, Fifin Arifiyanti, S.Pd. Bahwa kegiatan praktik agama tersebut mampu mewujudkan keinginan pergi haji semakin kuat. Berharap pelaksanaan ini kembali terselenggara di tahun berikutnya, meski wacana setiap satu kali dalam dua tahun.


“Antusiasme anak didik sangat terlihat ketika mengikuti prosedur arahan dari panitia. Sehingga mampu menumbuhkan rasa kerinduan anak didik ingin berkunjung ke Mekah,” tandas Fifin Arifiyanti.

Berdasarkan ulasan dari koordinator KB, Khoirurotul Iiumah, S.Pd. meski baru pertama kali dilaksanakan dengan mengikutsertakan dari jenjang KB, secara keseluruhan mampu berjalan dengan lancar tanpa ada anak didik yang sengat rewel. Terik matahari yang cukup bersahabat sehingga tidak menghambat sama sekali kegiatan ini.

Ketua Koordinator Wilayah Kecamatan Megaluh, Drs. Budi Irawan, juga memberikan saran, “Ketika pelaksanaan ini saja berjalan dengan lancar dan baik. Berharap ide bagus PKG dipelaksanaan selanjutnya dengan juga menggandeng dari jenjang SD. chicilia risca

No comments

Powered by Blogger.