Membuat Tumpeng Hingga Merias Diri


Berangkat dari panca Dharma Wanita, bahwa sebagai perempuan yang berkeyakinan Islam patutlah memperingati Maulid Nabi. Begitu besar penghormatan dan rasa patuh Rasulullah kepada seorang perempuan dicontohkan kepada umat manusia bahwa surga ada di telapak kaki ibu.

PETERONGAN, MSP –
Pada usia ke 18 tahun Dharma Wanita, UPTD Pendidikan Kecamatan Peterongan melangsung peringatan berupa perlombaan peragaan busana serta membuat nasi tumpeng yang mengusung tema ‘Kita Tingkatkan Silahturahmi dan Menggali Kreatifitas Anggota Dharma Wanita.’ Perlombaan tersebnut diikuti oleh anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kebupaten Jombang, di Se Kecamatan Peterongan pada Senin (11/12) di SDN Kebontemu Peterongan. Diusia yang cukup dewasa ini, bertujuan agar organisasi istri para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional untuk memperkuat peran perempuan dalam pembangunan bangsa. Hal ini menjadi pondasi kokoh untuk menyatukan tekad dan melaksankaan karya mengembangkan diri dari berbagai aspek.

Peserta notabene adalah perwakilan guru di jenjang pendidikan TK, SD, dan SD Islam di kecamatan sebelah Timur Kota Santri ini. Hadir pula Ketua DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Kepala DWP DinasPendidikan Kecamatan Peterongan, Camat serta Ketua PKK Kecamatan Peterongan, serta sejumlah kepala sekolah setempat.

Ketua DWP Dinas Pendidikan Kecamatan Peterongan, Hj. Azminatul Uhud, S.Ag., M.Pd.I mengungkapkan, “Terima kasih di haturkan kepada seluruh tamu undangan, dalam sajian yang dipersembahkan oleh UPTD Pendidikan Kecamatan Peterongan merupakan bentuk tali silahturahmi serta rasa syukur dalam serangkaian kegiatan besar tahunan melalui kerjasama seluruh anggota.”

Sebagai Ketua Panitia Pelaksana, Istikhomah, S.Pd menambahkan, HUT Dharma Wanita bersamaan Hari Ibu, acara ini milik seluruh perempuan Indonesia yang mempunyai konsep diri sesuai panca Dharma Wanita, sebagai dasar lahirnya kongres wanita Indonesia yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Berangkat dari panca Dharma Wanita, bahwa sebagai perempuan yang berkeyakinan Islam patutlah memperingati Maulid Nabi. Begitu besar penghormatan dan rasa patuh Rasulullah kepada seorang perempuan dicontohkan kepada umat manusia bahwa surga ada di telapak kaki ibu.

Sebagai Camat Peterongan, M. Agus Djauhari memaparkan apresiasinya kepada UPTD Pendidikan Kecamatan Perorongan atas kerjasama dari serangkaian acara. Kecintaan kepada Rusululloh dengan meningkatkan keimanan kepada Allah, kemudian DWP Kabupaten Jombang dan khususnya DWP UPTD Pendidikan Kecamatan Petorongan menjadi lebih berkembang serta membawa manfaat bagi para anggotanya. Salah satu upaya meningkatkan peran seorang ibu dalam perayaan Hari Ibu ialah dimampukan keikutsertaan yang aktif untuk kegiatan diluar rumah tangga seperti di desa atau dilain kesempatan.

Diawali dengan penilaian lomba luwes gandes (perpaduan busana dan juga riasan yang serasi sesuai usia dan juga situasi), kedua adalah lomba menghias tumpeng. Kemudian memberikan penghargaan kepada para anggota yang aktif dalam serangkaian kegiatan DW UPTD Peterongan serta pemberian tali asih kepada anggota yang purna. chicilia risca


Pemenang Lomba Hias Nasi Tumpeng

Kategori
Nomor Peserta
Nilai
Asal Instansi
Juara I
10
317,5
TK Gugus 2
Juara II
13
307
SDN Morosunggingan
Juara III
26
302, 5
SDN Tanjunggunung
Juara Harapan I
08
297,5
SDN Dukuhklopo I
Juara Harapan II
02
293,5
SDN Sumber Agung
Juara Harapan I
04
290,5
TK Gugus 4


Penghargaan bagi Anggota DW UPTD Peterongan yang aktif kehadiran

Asal Institusi
Anggota DW
SDN Peterongan I
Rustaman
SDN Petrongan I
Kodir
SDN Tangjung Gunung
Mualim


Pemenang lomba Luwes Gandes Kecamatan Peterongan 2017

Kategori
Nama
Asal Instansi
Juara I
Sri Wahyuningsih
SDN Mancar 3
Juara II
Novi Karumatul Nisak
SDN Kebontemu
Juara III
Kusnul
SDN Dukuhklopo I