Bersahabat dengan Alam




Dinas Lingkungan Hidup menggelar acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun yaitu Jombang Eco Creative (JEC). Acara tersebut diadakan guna mendukung kampanye lingkungan hidup dan sebagai upaya mempertahankan prestasi Kabupaten Jombang atas penghargaan Adipura Kencana.

JOMBANG, MSP – Guna mendukung kampanye lingkungan hidup dan sebagai upaya mempertahankan prestasi Kabupaten Jombang atas penghargaan Adipura Kencananya, Dinas Lingkungan Hidup menggelar acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun yaitu Jombang Eco Creative (JEC).

Acara yang memasuki tahun ke-3 ini, dibuka pada hari Jumat (13/10) di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kebon Ratu, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Pembukaan diikuti oleh sekolah Adiwiyata Provinsi, Nasional dan Mandiri, hadir juga perwakilan Desa/Kelurahan dengan Program Lingkungan dan Komunitas-komunitas peduli lingkungan se-Kabupaten Jombang.

Turut hadir pula Bupati Jombang, Ec. Nyono Suharli Wihandoko, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pemimpin Konsultan Lingkungan AMC dari Jerman, John Miller saat pembukaan rangkaian acara pada gelaran JEC. Berbagai tampilan kearifan lokal menyambut dibukanya acara tersebut, ditambah pelepasan burung merpati sebagai pembuka gelaran semakin memeriahkan puncak pembukaan.

“Dilaksanakannya JEC adalah bentuk ikhtiar pemerintah daerah dalam menciptakan lingkungan hidup berkualitas,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Yudi Adrianto M.Si.

Ketika memaparkan laporan acara, Yudi Adriyanto memberikan himbauan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga dan bersahabat dengan alam, agar mengurangi tingkat pencemaran di Kabupaten Jombang. Tidak lain agar anak cucu penerus bagsa bisa ikut merasakan dan menjalani kehidupan pada lingkungan yang berkualitas baik.

Beragam deretan perlombaan bertema lingkungan diselenggarakan panitia, hari pertama dibuka dengan pameran aneka ragam tanaman dan produk hasil 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) dari peserta pembukaan. Ada pula lomba fotografi, diskusi hingga yel-yel antar kader lingkungan pun menarik banyak animo masyarakat sekitar Jombang dan Peterongan untuk hadir serta ikut berkompetisi pada salah satu lomba.

Bupati Jombang menambahkan pada pidatonya, “Maraknya isu mengenai lingkungan begitu penting bagi masyarakat dan pemerintah daerah, setidaknya melalui event seperti ini kampanye lingkungan hidup bisa lebih dioptimalkan lagi.”

Setidaknya mengoptimalkan pengolahan sampah, pengendalian air dan udara bisa menunjang keberhasilan program pemerintah daerah, dalam hal pemberian kampanye kesadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup. Penyediaan RTH yang berkualitas juga bisa menumbuhkan budaya masyarakat akan estetika kota mereka.

Ketika menuju RTH Taman Kebon Ratu pun Ec. Nyono Suharli Wihandoko memberi contoh kepada masyarakat untuk bersepeda menuju tempat kerja. Dari kantor Pemerintah Daerah (Pemda) bupati didampingi jajaran Forkopimda menggowes sepedanya ke lokasi JEC.

“Dengan mengayuh sepeda menuju tempat kerja bisa mengurangi tingkat polusi udara di Jombang, selain itu sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.” kekeh bupati. fakhruddin