Iqbal Firmansyah peserta didik asal SDIT Al Ummah ini berhasil menyabet medali emas pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat nasional.

JOMBANG, MSP – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Iqbal Firmansyah. Peserta didik asal SDIT Al Ummah ini berhasil menyabet medali emas pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat nasional yang digelar 2-8 Juli di Riau.

“Perasaannya sangat senang bahkan tidak menyangka bisa mendapatkan medali emas. Karena saat tahap eksperimen, ada poin yang saya ragu-ragu mengerjakannya,” jelas Iqbal.

Fokus serta ketekunan dalam belajar menjadi kunci utama keberhasilan Iqbal dalam meraih keberhasilan. Delapan jam dalam sehari dihabiskannya untuk menjalani pembinaan dan pelatihan agar dapat meraih hasil maksimal.

Namun dari segala usaha yang sudah dilakukan, dukungan serta doa dari sang ibu juga memegang peranan penting dalam Iqbal mencapai prestasi bergengsi di tingkat Nasional. Sepanjang putranya menjalani kompetisi, ibu dua putra ini menghabiskan waktunya untuk berdoa di masjid dekat tempat penyelenggara. Bahkan guru pendamping Iqbal berucap dengan candaan, “Jika ibu Iqbal tidak terlihat dalam rombongan, cari saja di masjid pasti ketemu.”

Dari ibunya ini juga lah, Iqbal jadi memiliki hobi membaca. Karena sedari kecil orang tuanya itu sudah memberikan contoh sehingga dirinya secara tidak langsung mengikuti kebiasaan orang tuanya tersebut.

Saat ditemui Suara Pendidikan, peserta didik yang saat ini duduk di kelas VI ini tengah mengikuti pelatihan sekaligus seleksi untuk mengikuti International Mathematic and Science Olympiad (IMSO) yang akan digelar bulan November di Singapura.

“Dibanding OSN lalu, saya lebih santai kali ini. Tetapi semoga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan,” tutup Iqbal. fitrotul aini.
Sebelumnya Berikutnya