Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang dengan seluruh Unit Pelaksana (Unpel) dari UPTD Pendidikan Kecamatan dan SMP se-Kabupaten Jombang, pengurus dan anggota DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang melakukan kunjungan industri dan studi alam ke Kabupaten Pasuruan.

JOMBANG, MSP – Berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang pada bulan Oktober melakukan kegiatan di luar ruangan. Bersama dengan seluruh Unit Pelaksana (Unpel) dari UPTD Pendidikan Kecamatan dan SMP se-Kabupaten Jombang, pengurus dan anggota DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang melakukan kunjungan industri dan studi alam ke Kabupaten Pasuruan. 



“Program ini memang agenda tahunan dari Bidang Pendidikan. Mengajak seluruh anggota DWP untuk menambah ilmu, mempererat tali silaturahmi juga kebersamaan antar anggota DWP,” tutur Kepala DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Nora Budi Nugroho. 

Pada kunjungan yang dilaksanakan pada Sabtu (14/10), anggota DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang mengunjungi tiga tempat yakni Pabrik Tekstil Kasrie yang merupakan pabrik penghasil handuk, Masjid Cheng Ho, dan Agrowisata Bhakti Alam. Lokasi tersebut dipilih selain karena belum pernah dikunjungi utamanya Agrowisata Bhakti Alam, juga diharapkan ketiga lokasi tersebut dapat menambah khazanah ilmu dan pengetahuan para peserta. 

Di tujuan utama, Agrowisata Bhakti Alam, para peserta ditunjukkan tentang berbagai macam tanaman sayuran dan buah-buahan yang dibudidayakan. Tidak hanya ditunjukkan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, peserta juga dapat menikmati sayur dan buah yang telah dipanen. Peserta juga dapat melihat secara langsung budidaya hidroponik, cara yang digunakan oleh Agrowisata Bhakti Alam dalam membudidayakan sayur dan buah yang ditanamnya. Pada salah satu bagian, peserta bahkan diperbolehkan untuk memasuki dan melihat secara langsung area penanaman hidroponik. Bahkan jika pengunjung tertarik, tanaman hidroponik yang ada tersebut dapat dibeli untuk dibawa pulang. 

Tidak melulu tentang sayuran dan tumbuhan, di Agrowisata Bhakti Alam para peserta juga diberikan kesempatan untuk menikmati berbagai hasil olahan susu sapi seperi susu segar, ice cream, dan yoghurt. Disamping olahan susu, terdapat juga berbagai rempah-rempah yang diolah menjadi jamu juga dapat ditemui di tempat yang berlokasi di Desa Ngambal Pasuruan ini. 

“Saya merasa senang dan terkesan dengan kegiatan yang dilakukan oleh DWP ini. Karena saya bisa mengetahui bahwa lahan-lahan atau tanah-tanah yang ada di sekitar sebenarnya bisa juga dimanfaatkan dengan baik. Dengan ditanami berbagai macam tumbuhan, sayuran dan buah-buahan,” ungkap salah seorang peserta, Nur Khasanah. 

Guru SMP Negeri 2 Peterongan ini menambahkan, bahwa ia jadi mendapatkan inspirasi untuk memanfaatkan lahan luas di sekitar lingkungannya dengan menanami aneka tumbuhan. 

“Semoga para anggota dapat mengambil manfaat dari kegiatan yang telah dilaksanakan ini. Meskipun hanya sederhana, tidak ada kegiatan out bond seperti tahun-tahun sebelumnya tapi diharapkan semoga dapat memberikan rasa senang pada semuanya. Karena sudah bersama-sama belajar dan refreshing sekaligus menyukseskan program DWP Dinas Pendidikan Jombang,” tutup Nora Budi Nugroho. fitrotul aini.
Sebelumnya Berikutnya