Dari Lukis Alis hingga Resep Lapis


Selain mendapatkan tutorial cara melukis alis yang mudah, anggota DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang juga mendapatkan resep membuat kue lapis tenun.

JOMBANG, MSP – Dalam rapat pleno Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Jumat (9/2) perwakilan dari UPTD Kecamatan Peterongan memberikan materi mengenai cara membuat alis dengan mudah. Materi ini dipilih karena kebanyakan perempuan merasa kesulitan ketika membentuk alis. Membentuk alis sendiri merupakan salah satu unsur make up atau tata rias wajah yang hasilnya dapat memengaruhi tingkat kepercayaan diri seorang perempuan.

Disampaikan oleh Hj. Azminatul Uhud Adhim, S.Ag, M.Pd.I dibantu dengan dua orang anggota DWP Dinas Pendidikan, satu persatu langkah membuat alis yang mudah dijelaskan sekaligus dipraktikkan.

“Langkah pertama yang dilakukan tentunya merapikan rambut alis terlebih dahulu. Rapikan dengan menggunakan sikat khusus atau bisa menggunakan kuas alis. Sisir ke arah bagian bawah, yakni dimulai dari pangkal ke ujung alis,” ujar Azminatul Uhud Adhim sembari mempraktikan diperhatikan dengan antusias oleh anggota DWP yang hadir.

Perempuan yang akrab disapa Umi ini lantas melanjutkan langkah selanjutnya adalah menentukan titik lengkungan alis. Jangan terburu-buru langsung membentuk bingkai alis. Karena jika tidak ditentukan dulu titik lengkungannya, hasil dari alis kemungkinan tidak akan simetris antara alis kanan dan kiri.

Setelah menentukan titik puncak lengkungan alis, arsir tepi luar alis bagian atas pelan-pelan. Setelah bagian atas selesai dapat dilanjutkan dengan bagian bawah. Jika tahap mengarsir tepi luar alis sudah selesai, maka tinggal mengisi bagian dalam alis kemudian merapikannya agar terlihat lebih natural. Bisa dengan menggunakan foundation agar pangkal alis lebih lembut, atau menggunakan concealer untuk memberikan kesan lebih rapi pada lukisan alis yang sudah dibuat.

Perempuan berhijab ini juga mengingatkan, “Jangan lupa untuk memilih kesesuaian warna pensil alis. Sebab pemilihan warna pensil alis yang salah dapat mempengaruhi hasil akhir penampilan wajah. Wajah bisa terlihat tidak natural atau bahkan memunculkan kesan garang.”

Selain mendapatkan tutorial cara melukis alis yang mudah, anggota DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang juga mendapatkan resep membuat kue lapis tenun. Resepnya tidak jauh berbeda dengan membuat kue lapis pada umumnya yakni menggunakan bahan dasar tepung beras, yang membedakan adalah durasi waktu memasaknya. Untuk bisa memunculkan motif seperti tenunan kain, diperlukan waktu memasak sekitar 6-8 jam.

Sementara itu dalam arahan pembinaannya, Ketua DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Nora Budi Nugroho menyampaikan ucapan terima kasih terhadap antusias anggota DWP dalam kegiatan seminar yang diadakan pada bulan Januari lalu. Tidak lupa ia juga menghimbau kepada seluruh anggota DWP agar tidak mudah terprovokasi terhadap isu-isu bernada provokasi. Mengingat kondisi pemerintahan di Kabupaten Jombang juga tengah dilanda permasalahan.

“Selain itu saya juga menghimbau kepada ibu-ibu yang memiliki anak, harap waspada dengan ancaman demam berdarah. Selalu biasakan menggunakan lotion anti nyamuk sebagai usaha melindungi tubuh dari gigitan nyamuk,” pesan Nora Budi Nugroho.

Pada kesempatan yang sama, pengurus DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang memberikan penghargaan pada lima anggota yang menggunakan atribut paling serasi dan sesuai dengan peraturan, yakni baju dengan warna sesuai, mengenakan lencana DWP, sepatu dan tas berwarna hitam, serta tidak menggunakan aksesoris berlebihan. Perwakilan dari SMPN 2 Gudo, UPTD Kecamatan Plandaan, SMPN 1 Megaluh, SMPN 2 Peterongan, dan UPTD Kecamatan Ngoro terpilih menjadi anggota yang menggunakan atribut paling serasi dan sesuai dengan peraturan. fitrotul aini.
Powered by Blogger.