Eratkan Hubungan Anak dan Orang Tua


Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab yang juga turut hadir memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Menurutnya dengan melakukan kegiatan bersama, orang tua bisa mendekatkan diri dengan anaknya.

JOMBANG – Keberhasilan pendidikan tidak hanya tanggung jawab guru, wali anak didik juga seharusnya turut berkontribusi untuk mendukung pemaksimalan program yang direncanakan sekolah. Namun seringkali wali anak didik memasrahkan begitu saja keberlangsungan pendidikan anaknya pada guru.

“Kadangkala ada juga ibu-ibu yang menyalahkan jika kegiatan pembelajaran yang dijalani anaknya ada kesalahan atau tidak dilakukan dengan maksimal. Padahal anak juga memerlukan proses. Melalui acara ini diharapkan wali anak didik bisa ikut merasakan salah satu kegiatan pembelajaran yang diikuti oleh anak di sekolah,” jelas Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd.

Pada Sabtu (16/2) Himpaudi Kabupaten Jombang menggelar acara Apresiasi Mengarsir Ibu dan Anak serta Apresiasi Gerak dan Lagu. Pada jenis kegiatan Apreasiasi Mengarsir Ibu dan Anak diminta untuk mengarsir sebuah gambar bersama. Kerjasama yang terjalin antara ibu dan anak ini diharapkan selain untuk menunjukkan salah satu jenis pembelajaran bagi anak didik juga sekaligus dapat digunakan untuk semakin mempererat ikatan ibu dan anak.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab yang juga turut hadir memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Menurutnya dengan melakukan kegiatan bersama, orang tua bisa mendekatkan diri dengan anaknya.

“Orang tua harus memberikan kegiatan yang bermanfaat kepada anak. Selain itu juga harus memberikan contoh perilaku serta kebiasaan yang baik. Apapun yang dilakukan oleh orang tua akan dilihat, dicermati bahkan ditiru oleh anak,” ujar Mundjidah Wahab.

Ditambahkan oleh Mundjidah Wahab, penting diketahui oleh orang tua bahwa usia 0-5 tahun adalah masa emas anak. Ketika semua yang dilihat dan diajarkan oleh orang-orang di sekelilingnya akan menjadi bekal yang diyakininya hingga dewasa. Sehingga sangat tepat untuk menanamkan hal-hal yang akan menjadi landasan atau pegangan hidup seperti nilai-nilai moral, agama, tata krama, bahkan kebiasaan-kebiasaan baik.

Sementara itu, dalam jenis kegiatan Apresiasi Gerak dan Lagu lebih menekankan pada kreativitas guru dalam memadukan lagu dan gerakan. Mekanisme pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) belajar haruslah sambil bermain, maka memadukan lagu dengan gerakan menjadi alternatif dalam kegiatan pembelajaran.

Kegiatan yang digelar di Hutan Kota Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang ini diikuti oleh lebih kurang 3.990 anak didik beserta walinya (untuk Apresiasi Mengarsir) dan 21 kelompok (untuk Apresiasi Gerak dan Lagu) dari 21 kecamatan. Juara pertama Apresiasi Mengarsir diraih oleh Salman Hakim dari KB Al Husna, Diwek. Sedangkan untuk juara pertama Apresiasi Gerak dan Lagu dimenangkan oleh KB Al Hikmah, Perak. fitrotul aini.