Semangat Kunci Ukir Prestasi


“Kesuksesan menjadi yang terbaik, tidak lepas dari campur tangan dan kesabaran guru pembimbing ketika melakukan pendampingan dan orang tua sebagai penyemangat utama.” - Elly Nuraini-

TEMBELANG - Ketekunan dan kegigihan dalam melakukan suatu hal menjadi kunci utama bagi seseorang yang ingin melangkah maju memperbaiki kehidupannya. Ungkapan tersebut sangat tepat jika disematkan kepada salah satu peserta didik asal SMP Negeri 2 Tembelang, Elly Nuraini.

Peserta didik yang merupakan puteri dari seorang petani setempat itu tidak pernah patah semangat untuk mengukir prestasi demi membanggakan sang orang tua. Walaupun berasal dari keluarga sederhana, tetapi Elly tidak pernah merasa canggung ataupun minder ketika harus bersaing dengan peserta didik lainnya.

Berkat segala usaha dan kerja kerasnya, di awal tahun 2019 perempuan yang gemar membaca ini berhasil meraih predikat juara pertama pada Olimpiade Pra OSK IPS jenjang SMP yang digagas Forum Bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika, IPA dan IPS Kabupaten Jombang.

“Kesuksesan menjadi yang terbaik, tidak lepas dari campur tangan dan kesabaran guru pembimbing ketika melakukan pendampingan dan orang tua sebagai penyemangat utama. Tetapi kesuksesan ini hanyalah langkah awal menuju tahapan selanjutnya di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten. Meskipun sudah mendapatkan predikat juara, jangan sampai terlena dan harus selalu fokus giat belajar serta memperhatikan pola belajar supaya kondisi badan terus terjaga,” ujar peserta didik yang tengah duduk di bangku kelas dua itu.

Dilihat dari sejarah yang telah berjalan beberapa tahun terakhir, sebenarnya SMP Negeri 2 Tembelang tidak pernah absen mengikuti ajang serupa. Hasilnya pun tidak pernah mengecewakan. Berlandaskan riwayat itu membuat semangat Elly untuk terus menambah wawasan kian terpacu, tidak pernah mau ketinggalan pelajaran saat menjalani kegiatan lain. Saat tidak masuk sekolah sekalipun, tidak pernah malu untuk bertanya terhadap teman maupun guru.

Alhasil, selain sukses meraih predikat juara pertama di ajang tahunan ini Elly juga selalu menjadi juara kelas. Bahkan, sebenarnya ketertarikannya mengikuti pembinaan OSN berada pada mata pelajaran Matematika dan IPA, tetapi selang berjalannya waktu dan masukkan dari guru akhirnya tertarik mengenal IPS lebih mendalam.

Peserta didik yang dikenal sangat ramah di kalangan guru dan sesama peserta didik itu pun menjelaskan, “Ketekunan ini dilakukan hanya karena tidak mau mengecewakan semua pihak yang telah mendukung. Baik sekolah, teman dan terutama orang tua. Berkat segala jasa dan kerja kerasnya mampu merawat saya hingga sekarang.” fakhruddin