FOTO: Peserta khusyu mengikuti istighosah di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. (Ist)

JOMBANG – Agar lancar dalam menghadapi ujian akhir guna melangkah ke jenjang pendidikan lebih tinggi, peserta didik harus belajar dan berdoa. Termasuk minta ampun kepada kedua orang tua terlebih dahulu, dan juga meminta maaf kepada sesama teman.

Hal ini ditegaskan Bupati Jombang Hj. Munjidah Wahab dalam doa bersama peserta didik kelas akhir SMA/MA/SMK se-Jombang, Jumat (28/2). Agenda tahunan ini digelar di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. Tampak hadir sebagai tamu undangan Kepala Dinas Pendidikan, Kacabdin Pendidikan dan Kepala Kemenag. Juga Ketua MUI, Ketua Takmir dan para kepala sekolah SMA/MA/SMK.

Perempuan yang juga pengasuh Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas ini berharap, "Agar peserta ujian nanti melaluinya dengan lancar dan sukses. Juga ilmunya barokah dan bemanfaat."

Peserta juga didorong agar percaya diri dalam menghadapi ujian. Caranya dengan banyak latihan mengerjakan soal.

“Bukan bergantung kepada orang lain, apalagi pergi ke dukun minta kembang,” ujarnya.

Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Panitianya adalah kumpulan guru agama Islam SMAN se-Jombang. Mereka tergabung dalam musyawarah guru pendidikan agama Islam (MGMP PAI).

Rangkaian acara dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Dibuka dengan agenda shalat Dhuha dan shalat hajat. Imam yang memimpin shalat adalah KH. Ahmad Hasan, Ketua MUI Jombang. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Yasin yang dipimpin oleh Ustadz Rijalul Fikri.


“Beliau adalah imam rawatib di Masjid Agung Baitul Mukminin ini,” kata sekretaris panitia Arif Ridwan.

Pria bertubuh gemuk ini menambahkan bahwa acara istigosah dan tahlil dipimpin KH. Nur Slamet. Beliau guru agama Islam di SMA Negeri Mojoagung. Pembacaan sholawat, lanjutnya, dipimpin oleh group sholawat dari Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung. Melalui kegiatan ini, harapnya, peserta memiliki modal spiritual. “Agar hati mereka menjadi tenang dalam menghadapi ujian akhir sekolah." rahmat sularso nh


Lebih baru Lebih lama