Ketua Baznas Kabupaten Jombang dan Asisten I Pemkab Jombang menyerahkan bantuan langsung ke rumah penerima. (Ist)

JOMBANG - Virus Corona memberikan dampak luar biasa terhadap perekonomian di Kota Santri. Utamanya bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Aloon-aloon Jombang serta kawasan pendidikan macam di Jalan KH. Ahmad Dahlan dan Jalan Bupati Suro Adiningrat karena diharap untuk menghentikan dulu aktivitas kerjanya guna memutuskan mata rantai penyebaran virus asal Negeri Tirai Bambu tersebut seperti imbauan Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab.

Melihat kondisi itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jombang mencoba meringankan beban para PKL lantaran terhenti upayanya dalam mengais rejeki dengan memberikan bantuan kebutuhan pokok pada hari Rabu (25/3) bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang, secara simbolis diserahkan oleh Hj. Mundjidah Wahab.

Bupati perempuan pertama di Jombang ini pun mengapresiasi atas inisiatif dari Baznas Kabupaten Jombang. Menganggap ini merupakan bentuk sinergi yang baik antara Baznas Kabupaten Jombang dengan pemerintah daerah. Dengan demikian, diharapkan pelbagai masalah sosial yang ada perlahan dapat dientaskan.

Bupati Jombang turut menyerahkan bantuan dari Baznas Kabupaten Jombang di Pendopo Pemkab Jombang. (Ist)

"Kami memohon maaf untuk sementara mengimbau tidak berjualan dulu guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Walaupun begitu tidak menutup mata atas kondisi ini, oleh karena itu kehadiran Baznas Kabupaten Jombang dalam memberikan bantuan ini sedikit memberikan angin segar. Tidak hanya untuk PKL pada khususnya, namun juga pemerintah daerah sangat terbantu," ungkap Hj. Mundjidah Wahab saat menyampaikan sambutannya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Jombang, Didin A. Sholahudin menjelaskan bantuan sosial berupa bahan pangan ini merupakan salah satu program kerja dalam periode ini selain yang sudah dilaksanakan diantaranya Bakti Sosial Kesehatan, pemberian kursi roda, perlengkapan tidur, alat bantu dengar, dan yang akan di launching bulan mendatang Eco Masjid di wilayah Kecamatan Plandaan.

Tambah lelaki yang kerap bersongkok ini, bahwa bantuan bahan pangan ini diberikan kepada PKL yang berada dikawasan sekitar Aloon-aloon Jombang. Sebelumnya telah melakukan koordinasi dan pendataan melalui ketua paguyuban, selanjutnya bantuan sebesar 150.000 rupiah dalam bentuk kebutuhan pokok ini di distribusikan langsung kepada penerima.

Didin A. Sholahudin mengungkapkan, "Ada sekitar lebih kurang 1.000 paket bantuan telah kami siapkan. Selanjutnya akan kami bagikan langsung kepada penerima sesuai dengan data yang terlah dihimpun."

Usai penyerahan di Pendopo Pemkab Jombang, Baznas Kabupaten Jombang menyerahkan langsung kepada penerima di kawasan Kelurahan Kaliwungu dan Desa Plandi, Kecamatan Jombang. Ikut serta juga dalam penyerahan tersebut diantaranya Asisten I Pemkab Jombang beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Jombang. ◼️ rahmat sularso nh.
Sebelumnya Berikutnya