JOMBANG – Dharma Wanita Pendidikan (DWP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang sebagai organisasi istri Pegawai Negeri Sipil (PNS) selalu berusaha menambah bekal ilmu kepada anggotanya. Untuk itu dalam setiap rapat pleno bulanan selalu diusahakan untuk menghadirkan narasumber yang memberikan suatu materi tertentu.

Pada rapat pleno bulan Februari yang dilaksanakan pada Jumat (21/2) anggota DWP Disdikbud Kabupaten Jombang mendapat ilmu baru mengenai cara menyanyi dan menjadi dirigen yang baik. Anggota DWP Disdikbud Kabupaten Jombang tampak terlihat semangat dan antusias mendengarkan penjelasan dari Izzatush Shobihah, M.Pd dab Evita Anggraeni, M.Pd saat menyampaikan materi tentang cara menyanyi dan dirigen.

Baca Juga: SMA Negeri Kabuh Juara Aeromodelling

“Posisi tubuh, gerakan tangan, dan interaksi mata harus diperhatikan dengan baik. Utamanya gerakan tangan yang harus sesuai dengan jenis juga ketukan birama lagu yang akan dibawakan,” jelas Izzatush Shobihah.

Sementara itu Evita Anggraerni dalam penjelasannya menerangkan bahwa beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyanyi adalah teknik vokal, artikulasi, phrasing (pemenggalan kata), dan pernafasan. Menurut Evita, semua hal tersebut bisa dilatih minimal untuk bisa menyanyi dengan bertanggung jawab dalam arti menyanyi sesuai dengan solmisasi lirik yang benar.

Ketua DWP Disdikbud Kabupaten Jombang, Lilik Agus Purnomo yang pada pleno kali ini berhalangan hadir berharap materi yang disampaikan pada pertemuan kali ini membawa manfaat dan menambah ilmu. Terlebih sebagai anggota organisasi yang kerap menghadiri rapat, menyanyikan lagu wajib atau bertugas sebagai dirigen kerap kali tidak bisa dihindarkan. Disampaikan melalui Sekretaris III DWP Disdikbud Kabupaten Jombang, Yayuk Agus Suryo Handoko, ketua DWP Disdikbud juga menitipkan pesan untuk selalu menjaga kesehatan apalagi saat ini dalam masa rentan penyebaran penyakit.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini
Sebelumnya Berikutnya