Jintan Hitam Si Kecil Namun Besar Manfaatnya

ILUSTRASI FOTO: Jintan hitam. (aditya)

JOMBANG – Jintan hitam atau lebih akrab di telinga masyarakat Indonesia dengan nama Habbatussauda memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Tumbuhan bernama ilmiah Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae merupakan tanaman asli dari Asia Selatan dan Barat. Bahkan di negara yang banyak menghasilkan jintan hitam justru digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alamai.

Tanaman herbal ini di kenal sekitar 2000-3000 tahun sebelum masehi. Hal ini di buktikan dengan adanya penemuan minyak Habbatussauda di pekuburan Tutankhamun (kuburan para raja Mesir). Biji jintan hitam ini mempunyai bau yang cukup menyengat. Demikian dengan rasa dan aromanya sangat khas pahit pedas menyerupai kombinasi bawang merah, lada hitam, dan oregano. Seiring perkembangan zaman, olahannya pun semakin berfariasi. Mulai dari bentuk cair (minyak) hingga dalam bentuk pil yang sering di temukan di pasaran herbal sekarang ini.

Mengkonsumsi jintan hitam dipercaya bisa berdampak baik pada kesehatan tubuh. Tumbuhan ini bahkan disebut obat dari segala jenis penyakit. Seperti yang dilansir pada health.detik.com bahwa mengkonsumsi jintan hitam setiap hari dengan teratur mampu memperbaiki fungsi organ di dalam tubuh. Konsumsinya pun tidak perlu terlalu banyak, sehari cukup 1-3 butir pada pagi, siang, dan malam.

Baca Juga: Proses Pencairan BOS Dipangkas

Salah satu kandungan biji hitam kecil ini adalah pregnenolone atau yang biasa disebut master of hormone. Zat tersebut membantu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Pregnenolone mampu mengatur kembali keseimbangan hormon yang mempengaruhi fungsi seluruh organ. Hormon yang seimbang juga mempengaruhi daya tahan tubuh menghadapi segala jenis infeksi. Selain itu, Pregnenolon digunakan dalam semua jenis hormon steroid yang terbuat dari turunan lemak. Hormon steroid berperan dalam metabolisme tubuh, mengatur dan menjaga tekanan darah, keseimbangan air, dan kerja ginjal.

Selain itu, jintan hitam memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh, misalnya luka dan juga sel kanker. Sifat antioksidan pada jintan hitam juga bisa meningkatkan ketahanan tubuh sehingga dapat mencegah datangnya berbagai penyakit. Pada tubuh bagian luar, habbatussauda mengandung asam linolenat yang dapat menjaga kelembapan kulit. Kandungan bijinya juga bisa menjadi pengganti urang-aring yang dapat menjaga kesehatan rambut. aditya eko