Penampilan permainan tradisional dari peserta didik SMP Negeri 2 Jogoroto. (Chicil)

JOMBANG – Guna mengaktualisasikan bakat berkesenian pelajar di Jombang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdkbud) Kabupaten Jombang yang naungi Bidang Kebudayaan memfasilitasi dalam unjuk gigi saat Sabtu Pahingan. Kegiatanyang rutin dilaksanakan saban sebulan sekali ketika jatuh hari pasaran Pahing dalam kalender Jawa di Pendopo Kabupaten Jombang pada Jumat (31/1) malam.

Kepala Bidang Kebudayaan, Sugeng, SH. dalam sambutan laporan panitia mengungkapkan, “Kegiatan yang mewadahi usaha pelestarian seni dan budaya milik Jombang penting untuk ditingkatkan. Sementara itu, pelestarian budaya merupakan upaya memelihara dan melindungi aset bangsa agar seluruh lapisan masyarakat mendukung pelaksanaan pembangunan bangsa.”

Baca Juga: Peraih Nilai Ujian Nasional Terbaik SMP

Selain menjadi aset penting, Sugeng juga menambahkan bahwa pelaksanan ini untuk menginformasikan pengetahuan dan memperkuat jati diri bangsa. Sehingga berbagai sentuhan cara dilakukan agar meningkatkan bentuk keterawatannya pada kelestarian warisan sejarah masa lalu. Salah satu contoh yang sebagai gerakan nyata ialah kemampuan peserta didik asal SMP Negeri Kudu yang menampilkan pakeliran wayang ringkas oleh dalang cilik Ki Sri Bawana, dengan lakon (pelaku) Gathot Kaca Lahir.

Didukung pula penampilan peserta didik dari SMP Negeri 2 Jogoroto. menyajikan perpaduan karawitan, tari, dan permainan tradisional. Tak ketinggalan pula sajian macapat sangar seni Sasana Gebyar Seni dari Jombang yang menambah semarak acara.

“Usaha-usaha pelestarian budaya memang tidak berjalan mulus, beragam kendala yang harus mampu dihadapi dengan luwes. Meski terjadi urbanisasi, modernisasi, globalisasi, dan tumbuhnya kota-kota industri sebagai akibat perkembangan tuntutan zaman, tetapi ancaman lunturnya warisan budaya yang indah dan adi luhung tersebut akan tetap memiliki nama, kedekatan pada mereka yang berupaya,” harapnya.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.
Sebelumnya Berikutnya