Bupati/Wakil Bupati Jombang bersama takmir Masjid Agung Baitul Mukminin.

JOMBANG – Bertepatan dengan peringat Hari Kartini, seolah menjadi semangat tersendiri Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang mendeklarasikan Gerakan Bahagia Bersama Tetangga (GBBT) pada Selasa (21/4) di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang dengan mengundang Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jombang, Organisasi Masyarakat (Ormas), dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkompimda).

GBBT sengaja di deklarasikan karena akan dilangsungkan selama Bulan Ramadan, ungkap Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab. Sangat besar harapan bahwa dalam gerakan ini akan menjadikan masjid/mushala sebagai basis utama. Dengan kata lain, dapat memakmurkan masjid/mushala kepada masyarakat tidak semata guna beribadah melainkan beragam aksi sosial.

“Setidaknya meringankan beban masyarakat kurang mampu lantaran terdampak penyebaran Virus Korona dengan memberikan dan mengantarkan langsung buka kepada mereka. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika masjid/mushala setempat mampu memberi lebih, bisa sekaligus dengan sahurnya,” terang Mundjidah Wahab.

Untuk itu ia sangat optimis bahwa seluruh masyarakat di Kota Santri tetap mampu istiqomah dalam menjalankan ibadan Bulan Ramadan. Misalnya ketika Shalat Tarawih, tidak mesti harus datang ke masjid/mushala untuk jamaah, melainkan dapat di rumah masing-masing dengan menyimak baik seruan yang dikumandangkan oleh pengeras suara.

Ketua Baznas Jombang saat menyampaikan sambutan.

Mundjidah Wahab pun mengakui, “Saya sendiri tetap mengikuti jamaah Masjid Agung Baitul Mukminin, namun dari Ruang Swagata Pendopo Pemkab Jombang.”

Sementara itu Ketua Bazanas Kabupaten Jombang, Didin A. Sholahudin sangat mengapresiasi inisiasi GBBT oleh Bupati Jombang ini. Menurutnya ini sangat langsung bisa dirasakan oleh masyarakat terdampak. Paling tidak sedikit menjinjing cobaan yang tengah dihadapi di kala Jombang sebagai wilayah pandemi Virus Korona.

“Untuk itu tak segan Baznas Kabupaten Jombang sebagai koordinator pelaksana menggandeng sejumlah lembaga zakat dan ormas kegamaan besar di Indonesia yakni Nahdatul Ulama serta Muhammadiyah untuk bergotong-royong mensukseskan GBBT ini,” jelas Didin A. Sholahudin dalam sambutannya. 

Pemukulan bedug oleh Bupati Jombang.

Momentum ini juga dimanfaatkan oleh Baznas Kabupaten Jombang dalam penyerahan bantuan bedug baru untuk Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. Sengaja dipesankan khusus dari pengrajin spesialis pembuat bedug di Blitar, Jawa Timur. Sementara bedug lama akan dialihkan ke masjid yang berada di Kantor Pemkab Jombang. Secara simbolis di pukul oleh Bupati/Wakil Bupati Jombang, Kapolres Jombang, dan Dandim 0814 Jombang bergantian.

Reporter/Foto: Rahmat Sularso Nh.

Sebelumnya Berikutnya