JOMBANG – Dewan Kesenian Jombang (Dekajo) semakin menunjukkan eksistensinya ketika memiliki sekertariatan yang satu lingkup dengan Posko Unit Saber Pungli Kabupaten Jombang persis di depan SMA Negeri 3 Jombang. Diakui oleh Ketua Dekajo, Nanda Sukmana ini baru di tempai lebih kurang dua bulan lalu.

Baca Juga: PPG Menjadikan Guru Makin Profesional

Sempat menjadi perbincangan pengguna media sosial telatah Kebo Kicak ini lantaran sudah terpasang papan nama cukup mentereng. Diungkapkan pegiat teater di Komunitas Tombo Ati Jombang ini bila perjalanan guna memperoleh sekertariatan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Bermula meminjam aula (Graha Besut) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jombang. Namun usai berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang direkomendasikan di gedung yang lebih dikenal dengan nama Gedung Korpri tersebut. Sekarang ini tinggal menunggu Surat Keputusan dari Pemerintah Kabupaten Jombang agar semakin mempertegas keberadaan sekertariat Dekajo.

Kedepan tentunya berharap keberadaan sekertariat semakin mewadahi pelbagai lintas kesenian untuk unjuk tampil sekaligus menghidupkan seni tradisi asli Kota Santri yang diantaranya sudah banyak yang diambang kepunahan.

Reporter/Foto: Rahmat Sularso Nh.
Sebelumnya Berikutnya