PETERONGAN – Bupati Jombang melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional di Jombang, di antaranya Pasar Citra Niaga dan Peterongan, Kamis (19/3). Kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk melakukan dialog dengan sejumlah pedagang. Diakui, akibat penyebaran masif Virus Corona, banyak pedagang mengeluhkan lesunya transaksi jual beli.

Baca Juga: Perhatikan Jajanan di Sekolah Antarkan Jadi Juara

Menurut Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, pengaruh virus yang awalnya terdeteksi di wilayah Wuhan, Tiongkok memberikan pengaruh luar biasa hingga ke telatah Kebo Kicak ini. Selain sepinya pembeli, sejumlah harga kebutuhan juga merangkak naik. Misalnya gula pasir mencapai angka Rp17.000 hingga Rp 17.500 per kilogramnya, begitu juga dengan jahe merah yang dianggap mampu menangkal Virus Corona. Komoditas ini mengalami kenaikan kisaran Rp 5.000 dari harga pada umumnya hanya Rp 40.000 per kilogram.

Menyikapi hal ini, supaya tidak semakin banyak masyarakat merasakan dampak signifikan, Pemerintah Kabupaten Jombang menyelenggarakan oprasi pasar utamanya untuk kebutuhan gula pasir. Harapannya, upaya itu sedikit meringankan beban masyarakat yang termasuk kategori ekonomi menangah ke bawah.

Reporter/Foto: Rahmat Sularso Nh./Istimewa
Sebelumnya Berikutnya