JOMBANG - Anak muda yang tumbuh dengan segala perkembangan teknologi, menemukan teman-teman baru dari berbagai macam daerah di seluruh Indonesia bahkan dari seluruh belahan dunia seolah menjadi suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Cukup klik dan terhubung ke internet, gabung grup-grup yang ada di sosial media, kenalan dengan anggota-anggotanya maka dapatlah kita banyak teman. Sosial media seperti facebook, twitter, atau instagram memang memudahkan kita untuk mendapatkan teman dari seluruh belahan dunia.

Teman-teman Pramuka tingkat SMA/SMK pada 18-20 Oktober 2019 merasakan sensasi pengalamannya. Lewat acara Jamboree On The Air – Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI) atau yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti Jambore di Udara dan Jambore di Internet mereka ditantang untuk berkomunikasi dengan orang-orang baru dari seluruh Indonesia dan juga dunia. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan tingkat dunia dan terbesar yang diikuti oleh seluruh kepanduan pramuka di seluruh dunia. 

JOTA adalah berkomunikasi lewat udara dengan menggunakan radio amatir. Kegunaannya yang bisa dijadikan sebagai cadangan sarana komunikasi ketika sarana komunikasi populer (semacam internet) mengalami gangguan (misalnya saat terjadi bencana). 

Sedangkan JOTI adalah berkomunikasi lewat internet yang dilakukan dalam aplikasi khusus bernama ScoutLink. Dalam pelaksanaannya peserta dilarang menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi seperti nomor ponsel, alamat surat elektronik, dan sejenisnya. Mereka harus benar-benar mengobrol satu sama lain. Berbagi informasi dan pengalaman. Selain itu, peserta juga diberi tantangan untuk mengumpulkan J ID (nomor identitas yang diberikan selama penyelenggaraan JOTA/JOTI) sebanyak mungkin. Semakin banyak J ID yang dikumpulkan kesempatan mendapat reward dari penyelenggara juga semakin besar. 

Berita, Foto, dan Editing: Fitri
Lebih baru Lebih lama