KB Alvi Hidayah Tembelang Menciptakan Pendidikan Berkelanjutan



TEMBELANG – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sudah barang tentu menjadi modal dasar dalam mengarungi jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk itu penting kiranya mengelolanya secara profesional. Mulai dari program pendidikan yang disusun serta ditunjang dengan kualifikasi pendidik sesuai dengan standar profesional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kelompok Bermain (KB) Alvi Hidayah Tembelang menyadari pentingnya hal itu. Selain program pendidikan yang bisa memantik potensi anak didik, hadirnya tenaga pendidikan profesional juga mendukung dan menguatkan jalannya program tersebut. Keduanya seiring sejalan.

Baca Juga: SDN Pojok Klitih I, Plandaan Lahirkan Peserta Didik Berprestasi

Kepala KB Alvi Hidayah Tembelang, Hidayatul Afidah, S.Ag. menuturkan, “Ada enam kemampuan dasar yang diberikan kepada anak didik. Di antaranya; berbahasa (berkomunikasi), motorik kasar dan halus, bersosialisasi atau bergaul, mengungkapkan pikiran (berpendapat), mengenali lingungan sekitar, serta kemandirian.”

Kemampuan itu wajib ditumbuhkan kepada anak didik agar potensinya tergali maksimal. Kedepannya akan menjadi pengantar dalam menghadapi masa depan. Tidak hanya dalam menempuh pendidikan, namun ketika kembali di tengah masyarakat juga sudah memiliki kesiapan.

Sinergi Pendidikan

Menyadari sebagai pijakan awal, KB Alvi Hidayah Tembelang sangat serius mengemban kepercayaan yang diberikan oleh wali anak didik. Oleh sebab itu, KB Alvi Hidayah tak segan selalu menjalin komunikasi terkait program pendidikan yang akan dijalankan oleh anak didik, hingga menampung segala kritik dan masukan. Lebih jauh, diharapkan mampu mematangkan strategi pembelajaran.


“Walaupun berada di Dusun Bulak, Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang yang termasuk wilayah pinggiran Jombang, soal kualitas masih menjadi capain utama kami. Sudah begitu, biaya pembelajaranya pun terbilang masih ramah,” ungkap Hidayatul Afidah.

Terbukti setidaknya dalam tiap tahun pelajaran, lembaga ini mampu menerima 30 anak didik. Selain memperoleh pembelajaran yang dibimbing oleh guru profesional, anak didik juga diajak mempraktikan sendiri. Hal itu menimba pengalaman anak didik, dan menciptakan model pembelajaran sambil bermain.

Dalam kurun waktu tertentu, KB Alvi Hidayah juga menyelenggarakan parenting dengan mengundang narasumber kompenten. Tujuannya, supaya ada keberlanjutan pembelajaran dan pendidikan anak didik. Sehingga terjalin sinergi antara sekolah dan lingkungan keluarga.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa

Visi:

Mencetak anak yang cerdas, sholeh/sholihah dan berakhlak mulia dengan berpedoman pada nilai-nilai agama.

Misi:

1. Melatih kemandirian anak

2. Mengembangkan potensi anak didik

3. Membiasakan anak didik untuk hidup Islami