Pemerintah menghimbau agar tidak mudik lebaran di tahun 2020 ini. Salah satu alasan kenapa kamu tidak perlu mudim adalah keluarga di kampong halaman. Bagi anda yang merantau coba cek status wilayahmu, apakah termasuk daerah yang rawan dalam pengawasan atau tidak. Jika ya, sebaiknya kamu tidak perlu mudik dahulu.

Walau kita merasa sehat atau mendiagnosis bahwa kita bukan korban positif Covid-19, tetap saja hal itu berisiko bagi keluarga yang ada dikampung halaman. Siapa yang bisa menebak jika kamu memiliki kemungkinan tertular saat perjalanan mudik, maka dari itu, tunda rencana mudikmu kali ini.

Menunda mudik demi keselamatan keluarga di kampung halaman itu merupakan tindakan mulia yang bisa kamu lakukan saat ini. Tidak perlu khawatir, walaupun tidak bisa bertemu secara langsung, kamu tetap bisa meneleponnya atau melakukan panggilan video (video call) untuk mengobati rasa rindu.

Berikut tips tidak mudik ala Majalah Suara Pendidikan:

1. Melakukan Family Time

Family Time memang menjadi momen paling berharga saat Idul Fitri. Bahkan, bukan hanya tradisi mudik, Anda pun bisa menciptakan tradisi Lebaran ala Keluarga sediri. Misalnya, saling bertukar kado, melakukan sesi foto keluarga. Ini juga dapat dilakukan dengan melakukan video call bersama keluarga yang lain.

2. Menyiapkan Menu Makanan Bersama

Agar suasana lebaran juga terasa di rumah, ajak anak untuk memasak makanan khas lebaran seperti, ketupat sayur, opor ayam, rendang, dan lain-lainnya. Dapat dilakukan dengan melakukan video call bersama keluarga di kampung halaman dengan berbagi tips bumbu masakan khas keluarga.

3. Silahturahmi dengan Teman Lama

Silahturahmi tidak hanya dengan keluarga saja, tapi juga bisa dengan teman-teman lama Anda. Karena mungkin teman-teman anda juga tidak dapat mudik maka bisa juga melakukan video call bersama beberapa teman. Seperti melakukan teleconference.

4. Nonton Film

Menyediakan beberapa film agar bisa menonton movie secara marathon di rumah. Pilih saja film-film yang anda suka untuk ditonton. Ajak keluarga untuk menonton bersama agar lebih menyenangkan.

5. Hikmah dari Tidak Mudik Tahun Ini

Meskipun sedih rasanya Karena harus menunda kepulangan tahun ini, ada sisi positif yang bisa Anda tarik jika menunda mudik, yakni dapat lebih hemat. Mudik memang tidak terlepas dari banyaknya dana yang harus dikeluarkan. Persiapan dana untuk transportasi, rekreasi, oleh-oleh, sampai THR memang tidak bisa dihindari. Maka dari itu, jika tahun ini Anda tidak mudik, maka manfaatkan kesempatan ini untuk menyimpan dana lebih yang bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya.

Dua Cara Melakukan Panggilan Video

1. Metode Konvensional

Memanfaatkan jaringan telekomunikasi sebuah provider telekomunikasi alias PSTN

2. Memanfaatkan Infrastruktur Internet Alias VoIP

Menggunakan protocol Real-time Transport Protocol (RTP), Skype menggunakan sebuah protocol berbasis arsitektur peer-to-peer yang eksklusif.

Aplikasi pesan instan penyedia fasilitas panggilan video dan penggunanya. * (juta)
Whatsapp: 1.200

Wechat: 938

Skype: 300

Line: 214

Keterangan: Data tidak memperhitungkan spesifikasi penggunaan fitur panggilan video di aplikasi masing-masing.
Sebelumnya Berikutnya