Manasik Haji PKG PAUD Melati Kecamatan Diwek Tumbuhkan Semangat Berhaji


DIWEK – Guna meningkatkan minat anak didik untuk menunaikan ibadah haji, kegiatan manasik haji disumulasikan oleh Pusat Kerja Gugus (PKG) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Melati Kecamatan Diwek pada Kamis (27/1).

“Tujuannya untuk menanamkan keimanan, ketaqwaan sejak dini serta mengenalkan pengamalan ibadah khususnya rukun islam yang ke lima. Mengenalkan juga kepada anak didik ritual ibadah haji agar timbul rasa rindu untuk datang ke Baitullah,” ungkap Ketua PKG PAUD Melati Kecamatan Diwek, Sri Mamlu’ah, S.Pd.

Baca Juga: KB Cahaya Asri Gudo Bentuk Karakter Menggandeng Orangtua

Acara yang pertama kali dilaksanakan oleh PKG PAUD Melati Kecamatan Diwek ini juga untuk mendukung program kegiatan tahunan. Sri Mamlu’ah berpendapat, manasik haji ini dipilih lantaran melihat dari pilihan pelaksanaan ibadah lainnya yang sudah menjadi rutinitas oleh anak didik dan bisa dilaksanakan secara mandiri baik di rumah, di masjid dan di mana saja. Sedangkan jika manasik haji, perlu adanya persiapan khusus yang sesuai ketentuan dan detail tata caranya. Umumnya dilaksanakan secara kelompok. Hal ini ditinjau dari kebutuhan layaknya sarana prasana yang menyerupai replika saat suasana pelaksanaan ibadah haji meski tak tampak sempurna tampilannya.

Pantia Pelaksana, Anik Ulfah, S.Psi. mengkoreksi, banyak anak didik yang merasa kelelahan bahkan hingga rewel. Hal ini menjadi sebuah evaluasi agar pelaksanaan selanjutnya dijadwalkan lebih pagi.

Sri Mamlu’ah berharap untuk setiap acara penunjang layaknya kegiatan manasik haji, masuk dalam agenda pelaksanaan rutin jenjang PAUD yang dibiayai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. Tentu akan menambah semangat anak didik dan juga setiap lembaga dalam meningkatkan nilai keagamaan.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.