Mirabell Richie Usaha Tak Mengkhianati Hasil


JOMBANG – Senyum penuh kegembiraan dan rona kebanggaan tersirat jelas di wajah 36 atlet renang asal Kabupaten Jombang. Mereka berhasil membawa pulang 23 medali dalam Kejuaraan Renang Antar Klub se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur. Banyaknya medali yang diraih, karena memang cukup banyak nomor yang dilombakan.

Salah satu penyumbang medali tersebut adalah Mirabell Richie. Gadis berusia sembilan tahun ini bertanding pada Kelompok Umur (KU) 2011. Walhasil, dia berhasil memborong tiga medali emas dari nomor gaya bebas 50 meter, 100 meter, serta gaya punggung 50 meter. Selain itu, Mirabell juga menyumbang 1 medali perak dari nomor 50 meter gaya kupu-kupu dan 1 perunggu pada gaya dada 50 meter.

Ditemui dikediamannya, Mirabell Richie mengaku senang atas torehan prestasi itu. Atlet renang ini tidak menyangka bisa mengalahkan lawan-lawannya dalam perlombaan tingkat provinsi tersebut.

Baca Juga: Guru Masuk Sekolah Tetap Laksanakan Pembelajaran

“Bisa dikata ini merupakan buah manis dari latihan keras yang selama ini saya jalankan. Hampir setahun terakhir melakoni latihan rutin,” ungkap Mirabell Richie dengan senyum terpulas.

Gadis berparas cantik ini memang bercita-cita menjadi atlet renang. Dia ingin mengukir prestasi sehingga bisa membanggakan bangsa. Upaya yang dilakukannya saat ini adalah tidak pernah absen latihan. Setiap tiga hari sekali Mirabell Richie harus melakukan renang minimal satu jam. Hal tersebut dilakukan agar kondisi badan terbiasa melakukan gerakan di air. Juga untuk melatih stamina.

“Dalam renang ada istilah water feel. Kalau tidak latihan, bisa hilang water feel-nya. Tiga hari tidak latihan, beda banget rasanya. Terbiasa berenang membuat kita semakin akrab dengan air. Memang badan pasti berat, lelah, tapi power-nya dapat. Kalau teknik berlatihnya tepat, capek itu tidak terasa kok, badan tetap segar,” ujarnya.

Selain rutin berlatih, pola makan harus dijaga. Tujuannya, agar tubuh dapat beradaptasi dan melakukan penyesuaian. Dengan begitu, badan tidak terasa kaku. Asupan gizi yang optimal, lanjut Mirabell, juga akan memberikan energi yang cukup. Mencegah kelelahan, juga meminimalisir terjadinya cedera. Oleh karenanya, mengkonsumsi dan menjaga pola makan juga menjadi kunci keberhasilannya.

“Biasanya satu jam sebelum berenang makan buah-buahan terlebih dulu. Ini untuk menambah energi. Kalau makanan yang berat biasanya berpengaruh pada kenyamanan di perut saat melakukan renang,” ungkapnya.

Reporter/Foto: Aditya Eko P.