Pelayanan Disdikbud Berubah


JOMBANG – Dampak penyebaran Virus Covid-19/Corona yang bergitu masif Jombang membuat semua aspek kehidupan berubah. Termasuk pada pelayanan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. Misalnya di Bidang Pembinaan Ketenagaan yang kini mengaktifkan kembali sistem loket dari belakang bilik kaca.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Drs. Didik Pambudi Utomo menjelaskan, “Segala bentuk pengajuan serta permohonan administrasi yang semula dilaksanakan dengan langsung bertatap muka dan masuk ke ruangan, kini hanya di balik loket. Selain itu setiap tamu disilakan mencuci tangan terlebih dulu menggunakan sabun sebelum menyerahkan berkas. Serta diwajibkan menggunakan masker.”

Baca Juga: KB Al-Firdaus Gedangan, Kecamatan Sumobito Belajar dengan Cara Tak Biasa

Kebijakan serupa dilaksanakan oleh Bidang Sekretariatan Disdikbud Kabupaten Jombang. Namun bentuk pelayanannya tak menggunakan bilik loket. Tapi para tamu saat menyerahkan dokumen wajib menjaga jarak saat berkomunikasi. Selain itu itu, setiap petugas diwajibkan membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer secara rutin.

Lain halnya dengan pelayanan yang dilakukan oleh Pelaksana Pengelola Bantuan Operasional Disdikbud Kabupaten Jombang, Mohamad Sapi’i, “Pelayanan kami dialihkan menggunakan online dengan media sosial layaknya WhatsApp atau Telegram. Sehingga beberapa konsultasi serta koordinasi terkait pengolahan data bantuan operasional setiap sekolah terpantau lancar tanpa harus bertatap muka.”

“Sebab sistem pelayanan kami ini tak bisa sebentar, pilihannya dengan media sosial seperti tergabung dalam grup sekolah dan grup wilayah kerja kecamatan. Sehingga tak jarang jika beberapa tamu yang masih kurang paham dalam pelaksanaan input data secara online, kami pandu menggunakan video call,” pungkasnya.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.