JOMBANG – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jombang merupakan salah satu organisasi keprofesian yang eksis di dunia pendidikan. Peran dan kiprahnya sangat aktif dalam memajukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) khususnya pada jenjang Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), serta Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Usai menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) dan Musyawarah Cabang (Muscab) yang salah satu agendanya adalah memilih pengurus, membuat rekomendasi, dan program kerja dalam satu periode kepengurusan, pada Rabu (4/3), pengurus Himpaudi Kabupaten Jombang menindaklanjuti hasil Muscab dan Muskab ke dalam Rapat Kerja (Raker). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus dan diadakan di De Durian Park Wonosalam.

Baca Juga: TK Pertiwi Kesamben Kuatkan Keimanan dan Menjaga Kesehatan

Ketua Himpaudi Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd mengatakan, “Dari hasil evaluasi dan kesepakatan, kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan di tahun 2019 namun belum bisa terlaksana, akan dijadikan sebagai program prioritas pada 2020. Di samping itu, program penguatan organisasi, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) anggota juga akan menjadi program prioritas mengingat tahun ini kepengurusan baik di tingkat kabupaten atau kecamatan banyak berubah.”

Perempuan berhijab ini juga menerangkan bahwa dalam penyusunan program, Himpaudi sebagai organisasi mitra dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang (Disdikbud) Kabupaten Jombang harus menyesuaikan dengan program yang sudah disusun. Tujuannya agar tidak terjadi tumpang tindih atau bahkan kesamaan program yang dilaksanakan.

“Dalam penyusunan bahkan dalam pelaksanaan program-programnya, Himpaudi Kabupaten Jombang selalu berkoordinasi dan berinergi dengan Disdikbud Kabupaten Jombang khususnya di Bidang PAUD dan PNF. Hal tersebut tentu sangat membantu kami dalam berbagai upaya untuk peningkatan kualitas di sektor PAUD,” jelas Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (PAUD dan PNF), Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Disdikbud Kabupaten Jombang, Siti Arlikah, S.Sos.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Istimewa
Sebelumnya Berikutnya