MOJOWARNO – Keberhasilan dalam sebuah pembelajaran tidak saja terletak pada keberadaan guru yang profesional. Tapi juga dibutuhkan keterlibatan orang tua dan hadirnya inovasi. Dengan demikian aktivitas pembelajar akan berjalan serempak baik anak didik, guru, orang tua, dan dilengkapi dengan inovasi. Bersama-sama mewujudkan kesuksesan pembelajaran.

TK Aisyiyah Bustabul Athfal (ABA), Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno pun sudah mencoba melakukannya. Salah satunya adalah membuat koperasi untuk anak didik dan orang tua. Selain menyediakan serangkaian kebutuhan pembelajaran yang diperlukan anak didik, juga simpan pinjam. Hal itu bisa menjadi solusi ketika ada wali anak didik yang memerlukan bantuan ekonmi.

Disampaikan oleh Kepala TK ABA Desa Gedangan Su Udin, S.PdI bahwa kehadiran koperasi anak didik serta orang tua diharapkan mampu menciptakan sinergi dalam membangun pendidikan yang baik. Sehingga tidak hanya berhenti pada pendidikan anak didik, lebih jauh hubungan dapat terbina dari rasa empati dan saling membantu.

Baca Juga: KB IT Robbani Ploso Biasakan Menghafal Surah Pendek


“Jadi rata-rata wali anak didik di sini bekerja sebagai petani dan membuka usaha rumahan yakni membuat genting. Dua pekerjaan ini seringkali muncul kendala yang tak terduga, sehingga adanya koperasi sangat bisa dimanfaatkan,” terang Su Udin.

Sudah sejak 2007 program inovasi ini berjalan dan selalu mendapat dukungan penuh dari wali peserta didik. Terlebih sebelumnya program tersebut dibicarakan terlebih dulu. Sehingga ketika digulirkan tidak sampai muncul kesalahpahaman. Apalagi bunga pinjaman juga sangat ringan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan pembelajaran anak didik.


Hubungan baik pun terbina hingga kini. Termasuk dengan wali anak didik yang telah purna dan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dari sini dapat dilihat bahwa hubungan tidak hanya berhenti dalam skala menuju keberhasilan pembelajaran anak didik.

Su Udin menambahkan, “Meskipun anak didiknya sudah lulus dan masuk SD, tetapi adanya program ini wali anak didik masih tetap menjadi anggota. Oleh karena itu, diutamakan sebagai anggota koperasi adalah wali peserta didik yang masih aktif.”

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa

Indeks Lembaga:

Nama Sekolah : TK Aisyiyah Bustanul Athfal

NPSN : 20553917

Jenjang Pendidikan : TK

Status Sekolah : Swasta

Alamat : RT/RW: 16/4, Dusun Mojogeneng, Desa Gedangan, Mojowarno

SK Pendirian Sekolah : 421.1/199.18.16/415.30/2005

Tanggal SK Pendirian : 2005-07-01

Status Kepemilikan : Yayasan

SK Izin Operasional : 421.1/406.4/415.16/2017

Tanggal SK Izin Operasional : 2017-02-21
Sebelumnya Berikutnya