NASIONAL - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo membeberkan kekurangan PNS tenaga pendidik hingga kesehatan. Termasuk tenaga penyuluh pertanian, pengairan, maupun kehutanan. Totalnya mencapai ratusan ribu orang.

Diantaranya 700.000 tenaga pendidik, 270.000 tenaga kesehatan dari dokter, bidan, perawat, dan 100.000 lebih tenaga penyuluh pertanian, penyuluh pengairan, penyuluh Kehutanan dan sebagainya.

Oleh sebab itu, pemerintah bertahap mengurangi perekrutan CPNS yang bergerak di bidang administrasi. Tjahjo menjelaskan dari total 4,3 juta PNS, sekitar 70% tersebar di daerah, dan cukup banyak yang bergerak dalam bidang administrasi.

Baca Juga: Korona Menyapu Pengusaha Keperluan Sekolah

Penerimaan CPNS tahun kemarin sudah diarahkan tidak menerima pegawai administrasi. Harus dicatat bahwa 4,3 juta ASN, 70% berada di daerah, 1,6 juta lebih adalah pegawai dalam standar administrasi.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah memberikan arahan untuk peningkatan kinerja PNS. Selain itu, Tjahjo juga telah berdiskusi dengan Menteri Keuangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Perencanaan Pembangunan atau Kepala Bappenas terkait pengadaan PNS sesuai dengan peningkatan kinerja.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia
Lebih baru Lebih lama