KESAMBEN – Pandemi Korona tak harus dijadikan sebuah duka yang mendalam. Justru sebaliknya bisa menjadi kesempatan melahirkan sebuah inovasi. Hal itu yang dilakukan oleh TK Ade Irma Suryani Watudakon, Kecamatan Kesamben.

Guna mananamkan kepedulian dan rasa cinta kepada anak didik, TK Ade Irma Suryani melakukan aksi sosial membagikan masker. Diungkapkan oleh Kepala TK Ad Irma Suryani, Nova Diha Irawan, S.Pd. AUD bahwa meski perjumpaan sekarang ini dengan anak didik karena wabah Korona bukan berati berhenti menanamkan nilai-nilai kebaikan.

“Salah satu caranya dengan pembagian masker yang terdapat logo lembaga. Dengan demikian rasa kepedulian anak didik terhadap sesama akan tumbuh. Demikian kecintaan dan kebanggaan terhadap tempatnya belajar akan semakin besar,” terang Nova Diha Irwan.

Baca Juga: Nur Kholifatun Nikmah Sang Penakluk Tirta

Selain itu tambah lelaki bertubuh tinggi ini, aksi pembagian masker merupakan upaya TK Ade Irma Suryani dalam menjaga kesehatan anak didiknya. Hal itu sudah menjadi tanggungjawab proses pendidikan, bukan saja menanamkan pemebelajaran untuk membentuk karakter yang bermutu saja. Namun juga bertanggungjawab atas kesehatan anak didik yang menempuh pembelajaran jarak jauh (baca: daring).

Nova Diha Irawan mengatakan, “Itulah menariknya dunia anak-anak. Setiap pembelajaran tidak harus berlangsung di kelas. Melainkan melalui kegiatan pembagian masker seperti ini secara tidak langsung akan memberikan sebuah pengaruh positif dalam pembelajaran di luar ruangan. Selain itu juga menginformasikan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi demi mencegah penularan.”


Sementara itu Pendidik TK Ade Irma Suryani, Ida Zulianah, S.Pd. AUD mengungkapkan pengadaan masker ini dari anggaran Bantuan Operasional PAUD Tahap I Tahun Anggaran 2020. Tidak membebani anak didik maupun walinya, sebaliknya malah merasakan manfaatnya dari pembagian masker ini.

“Sesuai dengan revisi Permendikbud Nomor 20 tentang Perubahan Peremendikbud Nomor 13 (Petunjuk Teknis BOP PAUD) dikatakan lembaga PAUD diperkenankan mengalokasikan dana guna penanggulangan Covid-19. Wujudnya yang kami lakukan adalah dengan pembagian masker cuma-cuma.”

Dalam pembagian masker pun dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Selain bergilir dan jaga jarak, wali anak didik di minta mengguanakan masker dari rumah serta mencuci tangan saat datang ke lembaga. Semua berjalan lancar, masyarakat di Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben pun sangat mengapresiasi inovasi ini.

Rewrite: Tiyas Aprilia
Sebelumnya Berikutnya