7 Buah Berikan Kekebalan Tubuh


NASIONAL - Tahukah Anda jika tepat pada hari ini 1 Juli setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Buah Dunia. Pertama kali diperingati di Berlin, Jerman pada tahun 2007.

Awal peringatan Hari Buah Dunia ini adalah untuk berbagi buah dan sayur dengan sesama dalam sebuah hidangan makanan agar bisa tercipta solidaritas, dan kini seluruh dunia sudah merayakannya. Di masa pandemi Covid-19 ini konsumsi buah menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tak heran jika buah-buahan banyak dipilih untuk konsumsi rutin baik dimakan langsung maupun disajikan dalam beragam resep.

Baca Juga: Antisipasi Babby Boom dan Persalinan di Masa Pandemi

Sistem kekebalan yang kuat membantu menjaga kesehatan seseorang. Sistem kekebalan terdiri dari organ, sel, jaringan, dan protein yang melawan patogen, yaitu virus, bakteri, dan benda asing yang menyebabkan infeksi atau penyakit. Oleh sebab itu jagalah daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi buah yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, seperti yang dilansir dari laman Health with Nedi, Rabu (1/7). Berikut buah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

Lemon
Lemon sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C tingkat tinggi, antioksidan alami. Lemon juga memiliki sifat antibakteri dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan infeksi. Ketika Anda mulai flu, lemon juga bisa membantu meredakannya sekaligus sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan.

Cobalah minum air panas dengan lemon dan madu. Campuran ini dapat mengobati infeksi tenggorokan dan membantu melonggarkan sesak napas. Banyak resep lezat yang menggabungkan lemon seperti pasta ayam lemon krim.

Apel
Banyak orang melupakan manfaat kesehatan dari apel. Sebutir apel mengandung banyak antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Apel juga sangat tinggi serat dan air, yang menjadikannya camilan tengah hari yang sempurna. Salah satu cara favorit untuk menikmati apel adalah dengan membuat Apple Crumble.

Jeruk bali
Tahukah Anda bahwa grapefruit atau jeruk bali adalah salah satu buah dengan kalori terendah yang dapat meningkatkan kontrol nafsu makan. Jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, antioksidan kuat yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, jeruk bali juga mengandung vitamin A yang dikenal bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda dengan melindungi terhadap peradangan. Cobalah konsumsi irisan jeruk bali atau menggunakannya sebagai tambahan lezat untuk camilan Anda.

Ceri
Ceri adalah buah yang dapat membantu kekebalan tubuh Anda, sebab Ceri mengandung kadar vitamin C yang tinggi bersama dengan tingkat melatonin yang signifikan. Melatonin adalah hormon alami yang mengatur siklus tidur. Sistem kekebalan tubuh dapat sangat terganggu tanpa tidur yang cukup. Lain kali Anda perlu bantuan untuk tertidur cobalah minum segelas jus ceri tanpa gula.

Pir
Pir adalah sumber vitamin C yang akan membantu Anda membangun sistem kekebalan yang lebih kuat. Pir juga dikenal sebagai anti-penuaan karena kadar serat yang dikandungnya merupakan nutrisi penting bagi kulit Anda.

Delima
Delima telah digembar-gemborkan sebagai makanan kesehatan selama berabad-abad, dan untuk alasan yang baik. Buah delima berwarna merah cerah karena mengandung polifenol yang mengandung antioksidan kuat. Jus delima memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi daripada anggur merah dan teh hijau. Delima juga mengandung kadar vitamin C yang tinggi dan bahkan mungkin memiliki sifat melawan kanker menurut penelitian terbaru.

Mangga
Mangga adalah buah lezat yang juga bagus untuk kesehatan dan kekebalan tubuh Anda. Satu porsi mangga menyediakan seperempat dari asupan vitamin A harian yang direkomendasikan bagi Anda. Vitamin A membantu produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi di dalam tubuh Anda. Mangga juga akan membantu menjaga rambut dan kulit Anda tetap terhidrasi dan bercahaya.

Sumber/Rewrite: tempo.co/Tiyas Aprilia